PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER TEST DIAGNOSTIK UNTUK MENGANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN DAN MISKONSEPSI SISWA MATERI ELASTISITAS
Abstract
Penelitian ini mengembangkan instrumen diagnostik Thre Tier Test untuk menganalisis tingkat pemahaman dan miskonsepsi peserta didik pada materi elastisitas dan hukum hooke. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D). Pengembangan dilakukan dengan tahap a) studi pendahuluan, b) perancangan draft produk, c) pengembangan produk. Pada tahap pengembangan produk dilakukan revisi produk. Hasil penelitian menunjukan instrument yang dikembangkan sangat valid yang ditunjukan dengan nilai persentase kevalidan instrument Three Tier Test sebesar 88,21 % dan validasi angket respon siswa sebesar 90,83 % sehingga tergolong kategori sangat valid. Nilai kepraktisan instrumen Three Tier Test ditunjukan oleh besar nilai persentase angket respon siswa yang mencapai 87,875 dan tergolong kategori sangat praktis. Instrumen yang dikembangkan berhasil mengidentifikasi tingkat miskonsepsi siswa dengan nilai persentase sebesar 58,33 % dan siswa paham konsep sebesar 13,33 %.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, M. L. H. (2016). Pengembangan Instrumen Three Tier Diagnostic Test Miskonsepsi Suhu dan Kalor. Ed-Humanistics, 01(02), 83–92.
Andriani, E., Indrawati, & Harijanto, A. (2015). Remedi Miskonsepsi Beberapa Konsep Listrik Dinamis pada Siswa SMA Melalui Simulasi PhET Disertai LKS. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(4), 362–369.
Didik, L. A. (2019). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Listrik Magnet dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 3(2), 23–27. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i2.25321
Didik, L. A., & Aulia, F. (2019). Analisa Tingkat Pemahaman dan Miskonsepsi pada Materi Listrik Statis Mahasiswa Tadris Fisika Menggunakan Metode 3-Tier Multiple Choices Diagnostic. Phenomenon, 9(1), 99–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.2905
Didik, L. A., Wahyudi, M., & Kafrawi, M. (2020). Identifikasi Miskonsepsi dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Tadris Fisika pada Materi Listrik Dinamis Menggunakan 3-Tier Diagnostic Test. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 128–137. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9911
Eka Putra, Irsyaf, A. & A. H. (2016). Analisis Miskonsepsi dan Upaya Remediasi Pembelajaran Listrik Dinamis dengan Menggunakan Media Pembelajaran Lectora Inspire dan PhET Simulation di SMAN Unggul Tunas Bangsa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 13–19.
Firman, H. F., Ratnasari, J., & Windyariani, S. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Two-Tier Test Berbantuan Certainty Of Response Index:(Misconception Identification of Students using Two-Tier …. Biodik, 7, 33–44.
Haki, P. (2015). Development of Three Tier Test to Asses Ninth Grade Students Misconception About Simple Electric Circuit.
Ismail, I. I., Samsudin, A., Suhendi, E., & Kaniawati, I. (2015). Diagnostik Miskonsepsi Melalui Listrik Dinamis Four Tier Test. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains, 2015(Snips), 381–384.
Kaltacki-Gurel;, D., Eryilmaz, A. ., & McDermott, L. C. (2015). A review and comparison of diagnostic instruments to identify students’ misconceptions in science. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 989–1008. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1369a
Kaltacki-Gurel, D., A, E., & Dermott, L. C. M. (2017). Development and Application of a Four-tier Test to Asses Pre-service Physics Teacher’s Misconception About Geometrical Optics. Research in Science and Technological Education, 35(2), 238–260. https://doi.org/htpps://doi.org/10.1080/02635143.2017.1310094
Korganci, N., Miron, C., Dafinei, A., & Antohe, S. (2015). The Importance of Inquiry-Based Learning on Electric Circuit Models for Conceptual Understanding. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 2463–2468. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.530
Kustiarini, F. T., Susanti VH, E., & Saputro, A. N. C. (2019). Penggunaan Tes Diagnostik Three-Tier Test Alasan Terbuka untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Larutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 171. https://doi.org/10.20961/jpkim.v8i2.25236
Maison, Lestari, N. &, & Widaningtyas, A. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 6(1), 32–39. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.314
Nurfiyani, Y., Putra, M. J. A., & Hermita, N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SD Kelas V Pada Konsep Sifat-sifat Cahaya. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 77–86.
Pradina, L. E., & Yuliani. (2020). Miskonsepsi Siswa pada Submateri Pertumbuhan. Berkala Ilmiah Biologi, 9(1), 310–318.
Putranto, A., Langitasari, I., & Nursa, E. (2020). Pengembangan Instrumen Three Tier Test Pada Konsep Atom , Ion , Dan Molekul Development of the Three Tier Test Instrument on the Concepts of. 8(1), 1–6.
Sheftyawan, W. B., Prihandono, T., & Lesmono, A. D. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-tier Diagnostic Test pada Materi Optik Geometri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 147–153.
Sri Wahyuningsih, Ani Rusilowati, N. H. (2018). Analisis Miskonsepsi Literasi Sains Menggunakan Three Tier Multiple Choice Test Materi Cahaya. Phenomenon, 08(2), 114–128. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2494
Yang;, D., & Lin, Y. (2015). Assesing 10- to 11-yearold Childrens Performance and Misconceptions in Number Sense Using a Four-Tier Diagnostic Test. Educational Reasearch, 57(4), 368–388. https://doi.org/htpps://dx.doi.org/10.1080/00131881.2015.1085235
Zaleha, Z., Samsudin, A., & Nugraha, M. G. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik VCCI Bentuk Four-Tier Test pada Konsep Getaran. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 36. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.980
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.5184
Article Metrics
Abstract Views : 1984 timesPDF Downloaded : 436 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Farizal Wahyudi, Lalu A. Didik, Bahtiar Bahtiar
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |