PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK

Laila Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi Gelombang mekanik dengan menggunakan pembelajaran kooperatif learning model STAD pada Siswa kelas XI MIPA.6 semester II SMA Negeri 1 Mutiara tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan sklus II. Subyek pada penelitian ini adalah Siswa kelas XI MIPA.6 SMA Negeri 1 Mutiara dengan jumlah Siswa didalam kelas adalah 31 Siswa, terdiri dari 23 orang Siswa perempuan dan orang 8 Siswa laki-laki. Data penelitian diperoleh dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Hasil penilaian yang diperoleh adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan nilai ≥ 75 dari satu siklus ke siklus yang lain, dan terdapat peningkatan rata-rata hasil ulangan akhir siklus. Sehingga dapat dikatakan pembelajaran dengan pendekatan coorperatif learning model STAD pada materi gelombang mekanik dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas XI MIPA.6 semester II SMA Negeri 1 Mutiara.

Keywords


Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Student Team Achievement Division (STAD)

Full Text:

PDF

References


Arikunto. Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Barizi, Ahmad. 2009. Menjadi Guru Unggul, Bagaimana menciptakan pembelajaran yang Produktif & Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Artini, N. M. (2020). Pembelajaran Model Stad Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sdn 39 Cakranegara. Jurnal Paedagogy, 3(1), 30–37. https://doi.org/10.33394/JP.V3I1.3033

Barokati, N., & Annas, F. (2013). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus: UNISDA Lamongan). Sistem Informasi, 4(5), 352–359. https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2013.09.006

Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siwa. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 16. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2

Nazir Khan, G., & Muhammad Inamullah, H. (2011). Effect of Student’s Team Achievement Division (STAD) on Academic Achievement of Students. Asian Social Science, 7(12). https://doi.org/10.5539/ass.v7n12p211

Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i1.4008

Article Metrics

 Abstract Views : 355 times
 PDF Downloaded : 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Laila Wahyuni

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter