PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DENGAN BANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR

Syafrizal Syafrizal, Halimatus Sakdiah, Hajiyanti Hajiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay dengan bantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar Siswa di SMP N 8 Takengon. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Experimental Design dengan menggunakan  rancangan One Group Pretest Posttest design. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah Siswa  kelas VIII sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal tes pilihan ganda dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 18. Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar 33,50 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 72,75. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t paired sample test diperoleh hasil signifikan 0,000 yang berarti nilai signifikan 2-tailed < α (0,000 < 0,005) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat dilihat dari nilai posttest dan nilai uji-t yang mengalami peningkaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis tes tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh  model pembelajaran Course Review Horay dengan bantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar Siswa.


Keywords


hasil belajar, model pembelajaran Course Review Horay, video

Full Text:

PDF

References


Ani, N. K., Garminah, N. N., & Suartama, I. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Crh Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD . e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1-12.

Astalini, Kurniawan, D. A., Melsayanti, R., & Destianti, A. (2018). Sikap Terhadap Mata Pelajaran IPA Di Smp se-Kabupaten Muara Jambi. Lentera Pendidikan, 214-227.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016). Pegaruh Pegguaan Video Pembelajara Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Jurnal Al Ibtida, 116-137.

Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Purwanti, B. (2015). Pengebangan Media Video Pembelajaran Matematika Degan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 42-47.

Rebowo, W. A. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Pecahan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pelangi pedidikan, 94-106.

Ritonga, L. S., & Tanjung, R. (2014, nopember). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH) terhadap hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor kelas x man kisaran t.p 2013/2014. Jurnal Inpafi, 156-166.

Tasmalina, & Prabowo, P. (2018). pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada sub materi spermatophyta di SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016. Best Journal (Biology Educatio Sciece & Tecology), 14-20.

Wahyuningtias , C. D., & Wulandari, S. S. (2020). Pegaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Teradap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Memaami Addmiistrasi Kelas OTKP SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 340-350.

Yanti, N. M., Jayanta, I. N., & Suarjana, I. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 463-471.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.3831

Article Metrics

 Abstract Views : 376 times
 PDF Downloaded : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syafrizal Syafrizal, Halimatus Sakdiah, Hajiyanti Hajiyanti

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter