PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG

Andrianis Andrianis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri sebagai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika pada materi gelombang peserta didik kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Bandar Baru Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk kepada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaannya di SMA Negeri 1 Bandar Baru Tahun Ajaran 2019/2020 dalam kurun waktu 3 bulan. Subjek penelitiannya yaitu peserta didik Kelas XI IPA-2 berjumlah 30 orang data PTK ini dari peserta didik, hasil belajar peserta didik ,observasi dan dokumentasi. Untuk memperoleh data ini menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatitif dengan mencari jumlah ketuntasan dan ketidak tuntasan peserta didik setiap tatap muka. Analisis dilakukan dengan cara mencari nilai tertinggi, terendah dan rata-rata. Hasil temuan penelitian menununjukan peningkatan hasil belajar peserta didik dari 75.66 % pada Siklus 1 meningkat menjadi 22% pada pertemuan 2, dan pada siklus 2 juga terjadi peningkatan yakni 64% pada pertemuan 1 meningkat menjadi 86,66 % pada siklus kedua dikatagorikan baik melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gelombang Peserta didik Kelas XI IPA -2 SMA Negeri 1 Bandar Baru Tahun Ajaran 2019/2020

Keywords


Motivasi, Hasil Belajar, Inkuiri, Gelombang.

Full Text:

PDF

References


Ardiannisa, S., Fonna, M., & Fatmi, N. (2020). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk

Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Simulasi Phet Pada Materi Elastisitas

Di Sma 2 Bireuen. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(2), 1–7.

Dwi Apriliani, N. M. P., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh Model

Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Penelitian Dan

Pengembangan Pendidikan.

Firman, M. A., Ertikanto, C., & Abdurrahman, A. (2019). Description Of Meta-Analysis Of Inquiry-Based Learning Of Science In Improving Students’ Inquiry Skills. Journal Of Physics: Conference Series.

Muhardi. (2005). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Journal Unisba.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013.

In Nizmania Learning Center.

Raharjo, S. B. (2013). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian

Dan Evaluasi Pendidikan.

Rofiah, E., Aminah, N. S., & Sunarno, W. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa

Berbasis High Order Thinking Skill (Hots) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Kritis Siswa Kelas Viii Smp/Mts. Inkuiri: Jurnal Pendidikan Ipa.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wahyudi. (2010). Standar Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan

Humaniora.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v3i2.3345

Article Metrics

 Abstract Views : 382 times
 PDF Downloaded : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Andrianis Andrianis

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter