PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik pada materi Suhu dan Kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Proses pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, penilaian afektif dan psikomotorik. Teknik analisis data menggunakan Independent sample Test. Hasil penelitian diperoleh signifikansi = 0,000 yang berarti nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil penilaian afektif pada pertemuan pertama diperoleh rata-rata sebesar 82, pertemuan kedua sebesar 83, dan rata-rata pertemuan ketiga sebesar 84. Hasil penilaian psikomotorik pada pertemuan pertama diperoleh rata-rata sebesar 81, pertemuan kedua sebesar 86, dan rata-rata pertemuan ketiga sebesar 89. Hasil analisis respon siswa terhadap Problem Based Learning diperoleh persentase sangat setuju (SS) sebesar 59%, setuju (S) 30%, tidak setuju (TS) 8%, dan sangat tidak setuju (STS) sebesar 3%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budinigsih, asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulim 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Handayani, Desi dan Hariyatmi. 2016. Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) Terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 1 Teras Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016.
Istarani. 2017. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Kurniasih, I, & Sani, B. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Sudaryono. 2017. metodelogi penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shoimin, A. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2017. Motode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Poses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suparwoto. 2011. Sains dan Kajian Filsafat. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Tahun2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003. Jakarta.
Winata, Asep. 2016. Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X di SMK Negeri 14 Bandung. Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung.
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v3i1.2537
Article Metrics
Abstract Views : 442 timesPDF Downloaded : 61 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Juni Nasution, Izkar Hadiya, Faradhillah Faradhillah
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |