PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR
DOI:
https://doi.org/10.29103/relativitas.v3i1.2536Keywords:
Contextual Teaching Learning, Hasil Belajar.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas XI SMA Negeri 1 Makmur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design, penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Makmur,. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa tes yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), dan angket pada pembelajaran fisika. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan Uji independent sample t-test. Dari hasil analisa diperoleh sig (2-tailed) = 0,000 dan dengan α = 0,05 yang berarti sig (2-tailed) 0,000 ‰¤ α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H1 diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor. Hasil perhitungan setiap pertanyaan angket respon siswa diperoleh persentase 87,3% siswa sangat setuju dengan model pembelajaran Contextual Teaching Learning.
References
Abdi, M. I. (2011). Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAI. Dinamika Ilmu, 11(1).
Anggriani, W., Retno, S., Ariani, D., & Sukardjo, J.( 2012). Pengaruh Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching Learning) Melalui Metode Eksperimen Dan Proyek Terhadap Siswa Pada Materi Destilasi Kelas X Smk Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 201 /2012. JPK, Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 80-88.
Hasibuan, Idrus. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning). Jurnal Logaritma, 2(1).
Jihad, A. dan Abdul Haris, (2012). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Murtiani, Fauzan, A, & Wulan, R, (2012). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning (Ctl) Berbasis Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Di Smp Negeri Kota Padan. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 1(2012), 1-21.
Putra, P. A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Pgri Arjosari Tahun Pelajaran 2013/2014 Melalui Implementasi Pembelajaran Teknik Jigsaw. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-42.
Rachmadtullah, Reza. 2015. Kemampuan Berfikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(2).
Rusyida, W. Y., Asikin, M., & Soedjoko, E. (2013). Komparasi Model Pembelajaran CTL dan MEA terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Lingkaran.Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1), 1-7.
Sihono, T. (2004). Contextual Teaching Learning (Ctl) Sebagai Model Pembelajaran Ekonomi Dalam Kbk. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 63-83.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.
Suparwoto. (2011). Sains dan Kajian Filsafat. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wangi, Ratu, Sulistyaningsih. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Ctl Dengan Strategi React Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kedisiplinan Siswa Pada Materi Geometri. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).