PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Authors

  • Addaini Addaini Universitas Malikussaleh
  • Sirry Alvina Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.29103/relativitas.v3i1.2536

Keywords:

Contextual Teaching Learning, Hasil Belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas XI SMA Negeri 1 Makmur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design, penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Makmur,. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa tes yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), dan angket pada pembelajaran fisika. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan Uji independent sample t-test. Dari hasil analisa diperoleh sig (2-tailed) = 0,000 dan dengan α = 0,05 yang berarti sig (2-tailed) 0,000 ‰¤ α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H1 diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor. Hasil perhitungan setiap  pertanyaan angket respon siswa diperoleh persentase  87,3% siswa sangat setuju dengan model pembelajaran Contextual Teaching Learning.

 

References

Abdi, M. I. (2011). Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAI. Dinamika Ilmu, 11(1).

Anggriani, W., Retno, S., Ariani, D., & Sukardjo, J.( 2012). Pengaruh Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching Learning) Melalui Metode Eksperimen Dan Proyek Terhadap Siswa Pada Materi Destilasi Kelas X Smk Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 201 /2012. JPK, Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 80-88.

Hasibuan, Idrus. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning). Jurnal Logaritma, 2(1).

Jihad, A. dan Abdul Haris, (2012). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Murtiani, Fauzan, A, & Wulan, R, (2012). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning (Ctl) Berbasis Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Di Smp Negeri Kota Padan. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 1(2012), 1-21.

Putra, P. A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Pgri Arjosari Tahun Pelajaran 2013/2014 Melalui Implementasi Pembelajaran Teknik Jigsaw. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-42.

Rachmadtullah, Reza. 2015. Kemampuan Berfikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(2).

Rusyida, W. Y., Asikin, M., & Soedjoko, E. (2013). Komparasi Model Pembelajaran CTL dan MEA terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Lingkaran.Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1), 1-7.

Sihono, T. (2004). Contextual Teaching Learning (Ctl) Sebagai Model Pembelajaran Ekonomi Dalam Kbk. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 63-83.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.

Suparwoto. (2011). Sains dan Kajian Filsafat. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wangi, Ratu, Sulistyaningsih. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Ctl Dengan Strategi React Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kedisiplinan Siswa Pada Materi Geometri. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2020-05-18