PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI SIMULASI PHET PADA MATERI ELASTISITAS DI SMA 2 BIREUEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui Simulasi Phet dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model Inkuiri Terbimbing melalui Simulasi Phet. Jenis penelitian ini adalah Pre experimental Design, rancangan penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan penentuan kelas XI MIA 2 sebagai kelas Ekaperimen. Berdasarkan hasil analisis pemahaman konsep siswa memperoleh nilai rata-rata Pretest 54.82 % dan Posttest 81,58 %. Hasil uji N-Gain Score memperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen sebesar 54.82 % dalam katagori (Sedang), dan mendapatkan hasil respon siswa yang menjawab setuju sebesar 50,51%. Hal ini membuktikan bahwa model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada kelas XI MIA 2 dan mendapatkan respon positif pada materi Elastisitas di SMA Negeri 2 Bireuen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ain, T. N. (2013). Pemanfaatan Visualisasi Video Percobaan Gravity Current Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika,Vol 02 No 02.
Antasari, N. (2017). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol II Noiii.
Aslinda, A. (2018). Pengaruh Phet Simulation Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa.Skripsi.
Chodijah, S., Ahmad, F., & Wulan, R. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry Yang Dilengkapi Penilaian Portofolio Pada Materi Gerak Melingkar. JurnalPenelitian Pembelajaran Fisika.
Novianto, A. (2018). Penerapan Program Crocodile Physic Sebagai Media Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Ratnasari, J., & Wasis. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kegiatan Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Elastisitas Kelas X Sma Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol 5 No 2.
Sakti, I., Mega, P. Yuniar, & Risdianto, E. (2012). Pengaruh Model Pembalajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa diSMAPlus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, Vol XNo 1.
Setyowati, A., & Subali, B. (2011). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisiika Indonesia, Vol 7.
Sudarsana, I. K. (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme). Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 1 No 1.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suyadi. (2013). Strategi Pemebelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yadi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Termodinamika. Jurnal Pendidikan Riset Dan Konseptual,Vol1No 1.
Yahya, M. N. & Pramukantoro, J. A. (2013). Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Peralatan Pengendali Daya Tegangan Rendah Di SMKN 2 Surabaya.JurnalPenelitian Pendidikan Elektro, Vol 1 No 1.
Yunin, Subiki, I., & A, Q. (2016). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Pembelajaran Fisika Materi Listrik Dinamis Di SMK.JurnalPembelajaran Fisika, Vol 5 No 2.
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v3i1.2535
Article Metrics
Abstract Views : 791 timesPDF Downloaded : 101 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Siti Ardiannisa, Mutia Fonna, Nuraini Fatmi
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |