APLIKASI MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KALOR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhudaya, M Taufiq Et al. (2018). Pengaruh Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Optik Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2).
Anam, Khoirul. (2017). Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asniati, Mansyur dan Tabrani Gani. (2017). “Analisis Kompetensi Guru Kimia dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di SMK SMAK Makassar”. Chemistry Education Review (CER), (1), 01-12.
Chusni, M Minan. (2016). Studi komparatif pendekatan verifikasi dan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap kognitif siswa smp pada materi pesawat sederhana. Jurnal EduFisika 1(2).
Justice, C., Rice, J., Roy, D., Hudspith, B., & Jenkins, H. (2009). Inquiry-Based Learning In Higher Education: Administrators’ Perspectives On Integrating Inquiry Pedagogy Into The Curriculum. Higher Education, 5(8).
Kurniawati, Desi. Et al. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Lks Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X Mia 4 Sma N 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(1).
Nana, dan Pramono. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ciamis Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry. Jurnal Diffraction, 1(1).
Priansa, Donni. J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran (Inovatif, Kreatif, dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.
Putri, N. A., et.al. (2015). “Perbedaan Model Pembelajaran Open Inquiry dan Guided Inquiry Berdasarkan Kemandirian Belajar dan Berfikir Tingkat Tinggi pada Mata Pelajaran Biologi Kelas 11 MAN Tempursari-Ngawi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(1).
Rizal, R dan Suhandi, A. (2017). “Penerapan Pendekatan Demonstrasi Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Proses Sains Siswa”. Gravity, 3 (1).
Rizal, R.et al. (2019). “Digital Literacy of Preservice Science Teacher”, Journal of Physics: Conference Series, pp. 1-6.
Rizal, R dan Irwan, M.R. (2019). “Implementasi Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Proses Sains Siswa SMA”. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 4(1).
Rizal, R. et al. (2020). “The Digital Literacy of the First Semester Students in Physics Education”. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. 8(2).
Rosmalia, Amelia dan Isroka’tun. (2018). Model –Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara
Saidaturrahmi, dkk. (2019). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(1).
Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Tewa, Yuniarti & Nurlansi. (2018). Perbandingan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan inkuiri terstruktur terhadap peningkatan pemahaman konsep reaksi oksidasireduksi (redoks) pada siswa sma negeri 1 kaledupa. Jurnal Gema Pendidikan 25(2).
Tawil, Muh. dan Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Wisudawati, Asih. W., dan Eka Sulistyowati. (2017). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v3i1.2489
Article Metrics
Abstract Views : 572 timesPDF Downloaded : 71 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 siska dewi aryani
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |