APLIKASI MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KALOR

Siska Dewi Aryani, Nana Nana

Abstract


Tujuan penulisan ini yaitu mendeskripsikan aplikasi model inkuiri terbimbing berbantuan LKPD untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi kalor. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu dengan studi kepustakaan dengan mengkaji beberapa literatur untuk dianalisis dan dibuat kesimpulan. Hasil penulisan menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing berbantuan LKPD untuk peserta didik dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemui dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik di kelas. Model inkuiri terbimbing berbantuan LKPD diaplikasikan kepada peserta didik di Sekolah Menengah Atas dengan beberapa langkah antara lain: pesrta didik diberikan masalah untuk dipecahkan, masalah diberikan dalam bentuk LKPD, selanjutnya melakukan proses analisis dan diskusi untuk menemukan solusi dari masalah yang ditemukan, setelah itu peserta didik melakukan presentasi kepada kelompok lain dengan LKPD yang sudah di isi selama proses pembelajaran berlangsug. Dengan demikian, pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik di kelas

Keywords


Inkuiri terbimbing, LKPD, Keterampilan proses sains

Full Text:

PDF

References


Alhudaya, M Taufiq Et al. (2018). Pengaruh Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Optik Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2).

Anam, Khoirul. (2017). Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asniati, Mansyur dan Tabrani Gani. (2017). “Analisis Kompetensi Guru Kimia dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di SMK SMAK Makassar”. Chemistry Education Review (CER), (1), 01-12.

Chusni, M Minan. (2016). Studi komparatif pendekatan verifikasi dan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap kognitif siswa smp pada materi pesawat sederhana. Jurnal EduFisika 1(2).

Justice, C., Rice, J., Roy, D., Hudspith, B., & Jenkins, H. (2009). Inquiry-Based Learning In Higher Education: Administrators’ Perspectives On Integrating Inquiry Pedagogy Into The Curriculum. Higher Education, 5(8).

Kurniawati, Desi. Et al. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Lks Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X Mia 4 Sma N 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(1).

Nana, dan Pramono. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ciamis Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry. Jurnal Diffraction, 1(1).

Priansa, Donni. J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran (Inovatif, Kreatif, dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.

Putri, N. A., et.al. (2015). “Perbedaan Model Pembelajaran Open Inquiry dan Guided Inquiry Berdasarkan Kemandirian Belajar dan Berfikir Tingkat Tinggi pada Mata Pelajaran Biologi Kelas 11 MAN Tempursari-Ngawi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(1).

Rizal, R dan Suhandi, A. (2017). “Penerapan Pendekatan Demonstrasi Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Proses Sains Siswa”. Gravity, 3 (1).

Rizal, R.et al. (2019). “Digital Literacy of Preservice Science Teacher”, Journal of Physics: Conference Series, pp. 1-6.

Rizal, R dan Irwan, M.R. (2019). “Implementasi Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Proses Sains Siswa SMA”. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 4(1).

Rizal, R. et al. (2020). “The Digital Literacy of the First Semester Students in Physics Education”. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. 8(2).

Rosmalia, Amelia dan Isroka’tun. (2018). Model –Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara

Saidaturrahmi, dkk. (2019). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(1).

Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Tewa, Yuniarti & Nurlansi. (2018). Perbandingan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan inkuiri terstruktur terhadap peningkatan pemahaman konsep reaksi oksidasireduksi (redoks) pada siswa sma negeri 1 kaledupa. Jurnal Gema Pendidikan 25(2).

Tawil, Muh. dan Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Wisudawati, Asih. W., dan Eka Sulistyowati. (2017). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i2.2489

Article Metrics

#### view : 14 times
PDF 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 siska dewi aryani

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.