PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN SIMULASI PhET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Muliani Muliani, Nanda Novita

Abstract


Abstark: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training menggunakan media Phet lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran direct instruction. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimen menggunakan pretest-posttest control group design.  Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random class, yaitu sebanyak 2 kelas yang berjumlah 80 orang . Instrumen penelitian yaitu instrumen keterampilan proses sains yang terdiri dari 10 soal dalam bentuk essay tes. Data dalam penelitian ini dilakukan uji normalitas dan homogenitas kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji independent sampel t test. Hasil data pengujian hipotesis keterampilan proses sains diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Data nilai gain pada kelas kontrol 31,7 %, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh 63,87%. Kesimpulan yang diperoleh adalah keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan simulasi Phet lebih baik dari pada pembelajaran direct instruction. Hal ini menunjukkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry training berbantuan simulasi Phet terhadap keterampilan proses sains siswa.


Keywords


Model pembelajaran Inquiry Training,Keterampilan Proses Sains, Simulasi Phet

Full Text:

PDF

References


Finkelstein, N. (2006). Hightech Tools For Teaching Physics:The Physics Education Technology Project. Merlot journal of online learning and teaching, 2 (3): 110-121.

Harlen Wynne., & Elsgeest Jos. (1992). UNESCO Sourcebook for Science in the Primmary School. France: UNESCO.

Hendra W., Sahyar., & Mariati P.S. (2017). The Effect of Inquiry Training Learning Model on Science Process Skills and Student learning Outcomes. IOSR Journal of Research & Method in Education, 7(6) : 46-51.

Ika wardhani., & Djukri. (2019). Teaching science process skill using guided inquiry model with starter experiment approach: An experimental study. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5 (2): 277-284.

Jonny Haratua Panggabean., & Ira Kesuma Sari Tampubolon,. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Simulasi Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Optika Geometris Di Kelas X Sman 2 Kabanjahe T.P. 2014/2015. Jurnal Inpafi, 4 (2).

Joyce Bruce., Marshall Weil., & Emily Calhiun. (2011). Models of Teaching Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nadziroh Af’idayanii., Iswan Setiadi., & Fahmi. (2018).The Effect Of Inquiry Model On Science Process Skills And Learning Outcomes. European Journal of Education Studies. 4 (12) : 177-182.

Nanda Safriati. (2017). Pengaruh Model Scientific Inquiry Menggunakan Media Phet Terhadap Keteampilan Proses Sains Ditinjau Dari keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika. 6 (1) : 33-38.

Santro Nomember Manalu., Motlan., & Nurdin Siregar. (2018). Efek Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Macromedia Flash Dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika. 7 (1) : 61-68.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif, Jakarta: Kencana.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, Dan Implementasinya Dalam Kurikkulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i2.2391

Article Metrics

#### view : 15 times
PDF 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muli ani, nanda novita

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.