PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING MELALUI SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

Ramadhanty Sembiring, syarifah Rita Zahara, Nuraini Fatmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan pemahaman konsep siswa kelas XI terhadap pembelajaran fluida dinamis dengan menggunakan model Problem Solving melalui simulasi PhET. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan desain penelitian ini adalah pretest-posttest control design group, dengan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep serta lembar kerja peserta didik. Hasil penelitian diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS untuk mengetahui apakah data bersifat normal dan homogen atau tidak, serta untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diberikan perlakuan. Hasil yang diperoleh adalah rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA 3 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas XI MIPA 1. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Solving melalui simulasi PhET dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran fisika kelas XI di SMA Negeri 1 Dewantara.


Keywords


Pemahaman Konsep, Problem Solving, Simulasi PhET

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2010). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Firdaus, dkk. (2013). Peran program PhET Dalam Pembelajaran Fisika. Yogyakarta.

Humairoh. F, Wasis. (2015). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) Pda Materi Fluidaa Dinamis Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dan Penerapannya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) 4(2): 69-75.

Mariati, P. S. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8 (2012): 152-160.

Markos, S. S. (2012). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran fisika. Palembang. Prosiding Seminar Nasional Fisika. Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sriwijaya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, M. (2010). Menjadi Guru Profesianal, Siapa Takut?. Yogyakarta: Lentera Pustaka.

The PhET Team. (2011). PhET (Intective Simulations). http://phet.colorado.edu/in/. Diunduh tanggal 11 September 2018.

Widiyanto, A. Sujarwanto, E. Prihaningtiyas, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Dengan Instrumen Four Tier Diagnostic Test Pada Materi Gelombang Mekanik. Seminar Nasional Multidisiplin.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.2018

Article Metrics

#### view : 24 times
PDF 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ramadhanty Sembiring, syarifah Rita Zahara, Nuraini Fatmi

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.