PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akcay, B., & Akcay, H. (2015). Effectiveness of Science-Technology-Society (STS) Instruction on Student Understanding of the Nature of Science and Attitudes toward Science. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 3(1), 37. https://doi.org/10.18404/ijemst.50889
Autieri, S. M., Amirshokoohi, A., & Kazempour, M. (2021). The science-technology-society framework for achieving scientific literacy: an overview of the existing literature. European Journal of Science and Mathematics Education, 4(1), 75–89. https://doi.org/10.30935/scimath/9455
Brenner, M. P., Eldredge, J. D., & Freund, J. B. (2019). Perspective on machine learning for advancing fluid mechanics. Physical Review Fluids, 4(10). https://doi.org/10.1103/PhysRevFluids.4.100501
Brunton, S. L., Noack, B. R., & Koumoutsakos, P. (2020). Machine Learning for Fluid Mechanics. Annual Review of Fluid Mechanics, 52, 477–508. https://doi.org/10.1146/annurev-fluid-010719-060214
Chantaranima, T., & Yuenyong, C. (2014). The Outcomes of Teaching and Learning about Sound based on Science Technology and Society (STS) Approach. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(February 2014), 2286–2292. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.561
Hastuti, P. W. (2013). Integrative science untuk mewujudkan 21st century skill dalam pembelajaran IPA SMP. Seminar Nasional Mipa.
Jamilah, SadiaI W, & SumaK. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 8(2), 54–64.
Junita, S., Halim, A., & Marlina. (2016). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa Terhadap Lingkungan Pada Pembelajaran Kimia Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 117–126.
Kapici, H., Akcay, H., & Yager, R. E. (2017). Comparison of Science-Technology-Society Approach and Textbook Oriented Instruction on Students’ Abilities to Apply Science Concepts. International Journal of Progressive Education, 13(2), 18–28. https://eric.ed.gov/?id=EJ1145588
Khoirul Arief, M. (2015). Penerapan Levels of Inquiry Pada Pembelajaran Ipa Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Edusentris, 2(2), 166. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i2.169
Nurlaila, N. (2020). Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Gelombang Di Sma Negeri 1 Syamtalira Aron. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(2), 47. https://doi.org/10.29103/relativitas.v3i2.3226
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612
Rahayu, S. (2014). Menuju Masyarakat Berliterasi Sains: Harapan dan Tantangan Kurikulum 2013. Makalah Disampaikan Dalam Seminar Nasional Kimia Dan Pembelajarannya, FMIPA UM.
Sadia, I. W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Santi, D. K. (2014). Peningkatan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Pada Siswa Kelas Vi Sdn 1 Kalinanas - Wonosegoro. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(3), 122. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2014.v4.i3.p122-131
Setiawani, E., Apsari, N., & Lestari, N. (2021). Assessment Literasi Sains Dimensi Kompetensi pada Materi Pamanasan Global. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA Dan Aplikasinya, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.46368/qjpia.v1i1.314
Smitha, & Aruna. (2014). Effect of Science Technology Society Approach on Achievement Motivation in Biology of Secondary School Students of Kasaragod District. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 19(4), 54–58. https://doi.org/10.9790/0837-19475458
Solehudin, Kusairi, S., & Sutopo. (2016). Analisis Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya, 414–420.
Subratha, N. (2004). Efektivitas Pembelajaran Kontektual dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Literasi Sains Siswa SLTP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 37(4), 45–56.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprianto, & Kholida, S. I. (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMA Hidayatun Najah. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 189–196. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.30870/gravity.v2i1.915
TucksanunKlahan, & Yuenyong, C. (2012). An Analysis of Grade 12 Students’ Technological Capability in Learning About Electromagnetics Through Science Technology and Society Approach (STS Approach). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 5085–5093. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.390
Zahara, S. R. (2018). Pengaruh model pembelajaran PBL (problem based learning) terhadap keterampilan proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Relativitas, 1(1), 29–34.
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v7i2.18686
Article Metrics
Abstract Views : 25 timesPDF Downloaded : 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Intan Wulan Sari
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |