PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP PENINGKTAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 8 MATARAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Yuyun Susanti, Ahmad Zohdi, Ahmad Didik Meiliyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 8 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian  yang digunakan adalah penelitian quasi eksperiment. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tes awal diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 52,39 dan kelas control sebesar 47,91. Hasil tes akhir menunjukan rata-rata kelas ekperimen sebesar 81,93 dan kelas kontrol 71,34. Data tes akhir peserta didik kelas sampel dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t diperoleh thitung  sebesar 3,78 dan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,000, maka thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019.

Keywords


Pembelajaran Learning Cycle 5e, Minat Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Asriyadin, Yus’iran, Hafidah Nurul Fikri, (2016). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sman 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 63.

Eva M. Ginting dan Harin Sundari, (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cyclnne Berbasis Eksperimen Terhadaphasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Zat Dan Wujudnya. jurnal pendidikan fisika ,1(2), 62.

Slameto, (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Nenen Shanti W, Ukit, (2017). Peningatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E (Learning Cyclle 5E) Pada Konsep Sistem Ekskresi. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 19.

Ira Nofita Sari, Dwi Fajar Saputri, Yupensius Beno,(2016). Penerapan Model Learning Cycle 5E Dalammateri Besaran Dan Turunan Di Kelas VII SMP NEGERI SENGAH TEMILA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 281.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Nismalasari, Santiani, dan H.Mukhlis Rohmadi, (92). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. 4(2), 92.

Niluh Asriniasih, Sugiarti, Netti Herawati, (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Melalui Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Kimia Siswa Kelas VIII SMPN 30 Makassar (Studi pada Materi Pokok Bahan Kimia. Jurnal Chemica, 15(1), 9.

Helni Senindra, Muhammad Muslim, dan Apit Fathurohman, (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN Prabumulih. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3.

M A Tyas , Mulyono, Sugiman, (2015). Keeektifan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X. Unnes Journal Of Mathematics Education, 4(3), 262.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.1791

Article Metrics

#### view : 105 times
PDF 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 YUYUN SUSANTI SUSANTI

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.