PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Nurfarida Nurfarida, Bahtiar Bahtiar, Nevi Ernita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa fisika pada materi momentum dan impuls di SMA Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sluster Random Samling. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan desain penelitian pretest-posttest control grup desain. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji-t diperoleh ttabel = 2,021 dan thitung = 8,35, maka diketahui nilai thitung (8,35)  ttabel (2,021) dengan dk yang besarnya dk = n1 + n2 - 2 dengan taraf signifikansinya 5%. Karena thitung lebih besar dari ttabel pada taraf sisgnifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada peningkatkan hasil belajar fisika siswa pada materi momentum dan impuls di SMA Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019.


Keywords


Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Pembelajaran Fisika

Full Text:

PDF

References


A’yunin, Q., Indrawati, & Subiki. (2016). Penerpan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Pemebalajaran Fisika Materi Listrik Dinamis Di SMK. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2),150.

Bahtiar. (2015). Strategi Belajar Mengajar Sains (IPA). Mataram: CV Sanabil.

Ernita, N., Harjono, A., & Sridana, N. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 8 Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Lensa”, 1(2), 104-107.

Fairuzabadi, A., Prihandono, T., & Purta, P. D. A. (2017). Penerapan Model Pembelajarran Inkuiru Terbimbing dengan Video Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran IPA pada Materi Suhu dan Pengukurannya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 107.

Indra, D. N. L., Darmadi, I. W., & Ali, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Akuisisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 4(2), 1.

Kurniawati, D., Masykuri, M., & Saputro, S. (2016 ). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar pada Materi Pokok Hukum Dasar Kima Siswa Kelas X MIA 4 SMAN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kima (JIPK), 5(1), 94.

Nasution, R., Bukit, N., & Ginting, E. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Kreativitas Terhadap Kognitif Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 5-102.

Nugroho, S., Suparmi, & Sarwanto. (2012). Pembelajaran IPA dengan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Laboratorium Riil dan Virtual Ditinjau Dari Kemampuan Memori dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, 1(3), 243.

Nurcahyati, K., Distrik, I. W., & Wahyudi, I. (2018). Pengaruh LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Of Physics and Science Learnig, 02(2), 7.

Puspaningtyas, K., & Suparno. (2017). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Analilis dan Keterampilan Proses Sains. Indonesia Journal of Science and Education, 1(1), 10.

Sadirman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Slameto. (2013). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiarti. (2018). Penilaian Psikomotorik Siswa pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Guided Inkuiry. Journal of Physics and Science Learning, 02(1), 79-83.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.1790

Article Metrics

#### view : 24 times
PDF 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurfarida Nurfarida

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.