PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS DIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Yuni Maulida, Deassy Siska, Safriana Safriana, Syafrizal Syafrizal, Widya Widya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis diferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model PjBL berbasis diferensiasi secara signifikan memiliki yang signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model konvensional. Hal ini mengindikasikan bahwa dengan memberikan proyek yang disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya belajar masing-masing siswa, PjBL berbasis diferensiasi dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep suhu dan kalor. Hasil penelitian ini menyarankan pentingnya mempertimbangkan perbedaan individual siswa dalam merancang kegiatan pembelajaran untuk mencapai hasil belajar yang optimal

Keywords


Project Based Learning, Diferensiasi, Hasil Belajar

References


Ainur Rohma, S., Lolita Lorensia, S., Ma, A., Al Bawani, R., Dina Handayani, A., & Astutik, S. (2023). ANALISIS PENGARUH INTEGRASI PENDEKATAN STEM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA Analysis of the Effect of Integrating the STEM Approach in Physics Learning on the Creative Thinking Ability of High School Students. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 11(1), 42–47. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft

Aldiyah, E. (2021). perubahan gaya belajar di masa pandemi covid-19. 1(1).

Anggara, M., Samsudin, A., Siliwangi, I., Jendral, J. T., & Cimahi, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENGETAHUI GAMBARAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR: model project based learning, pemahaman konsep penjumlahan, siswa kelas 1 SD. Sebelas April Elementary Education, 2(1), 62–71. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/saee/article/view/600

Damayanti, E., Santosa, A. B., Zuhrie, M. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9 No 03, 639–645. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/36321

Damayanti, P., Yusro, A. C., & Wahyuni, T. (2023). Science Learning in Solar System Material with Differentiated Learning Styles Using the Project-Based Learning (PjBL) Model to Improve Cognitive Learning Outcomes. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 11(2), 185. https://doi.org/10.20527/bipf.v11i2.16226

Fauziah, C., Taufiqulloh, T., & Sudibyo, H. (2020). Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning Selama Pandemi Covid-19. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 5(2), 38–48. https://doi.org/10.24905/psej.v5i2.46

Guntara, Y. (2021). Normalized Gain Ukuran Keefektifan Treatment. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, March, 1–3. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27603.40482

Hermanto, I. M., Nurhayati, Tahir, I., & Yunus, M. (2023). Penerapan Model Guided Context-and Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Gelombang Bunyi. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1), 151–162. https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.36233

Ridha, M. R., Zuhdi, M., & Ayub, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran PjBL berbasis STEM dalam Meningkatkan Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 223–228. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.447

Rohman, A., Ishafit, & Husna, H. (2021). Effect of Project Based Learning Model integration with STEAM on Creative Thinking Based on the Understanding of the Physics Concepts of High School Students on Rotation Dynamics. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 9(1), 15–21. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft

Sasmita, P. R., & Hartoyo, Z. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STEM Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 136–148. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.1081

Solikhah, N., & Wahyuni, A. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. 08(September), 4625–4640.

Sonia, S., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Journal of Educational Review and Research, 4(1), 14. https://doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2437

Suci, I. G. S., Indrawan, I., Wijoyo, H., & Kurniawan, F. (2020). Management Human Resource Higher Education based on local culture View project Integrated participative team based instructional supervision management at middle schools in Blitar, East Java, Indonesia: A multisite study View project I Gede Sedana Suci IH (Issue September). https://www.researchgate.net/publication/344172800

Sugiyono, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sumardiana, S., Hidayat, A., & Parno, P. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis pada Model Project Based Learning disertai STEM Siswa SMA pada Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 874. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12618

Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487

Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 1. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.874

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar Fkip Umsu. Jurnal EduTech, 5(1), 84–88. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/2982

Yusro, A. C., & Ardania, R. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Model PjBL dengan Media Kartu. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.37729/jips.v4i1.3109




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v7i2.16731

Article Metrics

 Abstract Views : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter