PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN FLASHCARD TERHADAP MINAT DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA

Raiyan Isnaini, Syafrizal Idris, Nuraini Fatmi, Fajrul Wahdi Ginting, Halimatus Sakdiah, Muliani Muliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD) berbantuan flashcard di SMP Negeri 4 Dewantara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan desain non equivalent control. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh sebanyak 42 siswa yang terdiri dari 21 siswa kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan 21 siswa kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest eksperimen yaitu 78,33 dan nilai rata-rata posttest kontrol yaitu 57,38. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji non parametrik yakni uji Mann-Whitney Test, diperoleh hasil sig(2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikan 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil angket minat sebagian besar minat siswa meningkat berdasarkan skor rata-rata indikator minat sebesar 81,25%.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Flashcard berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi Listrik Statis.

Keywords


Minat belajar, Hasil Belajar, STAD, Flashcard

Full Text:

PDF

References


Astuti Handayani, S., Ahmad Didik Meiliyadi, L., & Ernita, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Di SMP Negeri 1 Kediri. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(2), 85–93. https://doi.org/10.29103/RELATIVITAS.V6I2.13031

Irwanti, F., Kusmanto, B., & Tamansiswa, U. S. (2017). Efektivitas stad terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari minat belajar siswa kelas vii. 5(3).

Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 20(4), 478–492. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/153/

Novera, Y., Andrizal, & Zulhaini. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantu Media Audio Visual untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 3 Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. Jom Ftk Uniks, 2(2), 106–112.

Nurfaida, A., Lilawati, E., & Prihatiningtyas, S. (2020). … Model Pembelajaran Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Pada Materi Vektor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran …, 06(01), 53–58.

Sardini. (2013). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS MAN PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(7), 1–17. https://doi.org/10.26418/JPPK.V2I7.2777

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.

Trinova, Z. (2013). PEMBELAJARAN BERBASIS STUDENT-CENTERED LEARNING PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Al-Ta’lim, 1(4), 324–335.

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Penerbit Adab.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v7i1.15027

Article Metrics

 Abstract Views : 142 times
 PDF Downloaded : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Raiyan Isnaini, Syafrizal Syafrizal, Nuraini Fatmi, Fajrul Wahdi Ginting, Halimatus Sakdiah

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter