UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN LKPD

Leyla Intan Sari, Fajrul Wahdi Ginting, Saifuddin Saifuddin, Muliani Muliani, Deassy Siska

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan LKPD di MAS Ulumuddin Lhokseumawe. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan desain non equivalent control. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 42 siswa yang terdiri dari 21 siswa kelas X-D sebagai kelas eksperimen dan 21 siswa kelas X-C sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest eksperimen yaitu 76,19 dan nilai rata-rata posttest kontrol yaitu 53,57. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji non parametrik yakni uji Mann-Whitney Test, diperoleh hasil sig(2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikan 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan LKPD berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada materi vektor.

Keywords


Pemahaman Konsep, Group Investigation, Lembar Kerja Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Andi, H. J., & Umamah, C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation dengan Scaffolding terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 92–97.

Astuti, A. M. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Peningkatan Kemampuan Investigasi Matematika Siswa. Jurnal Tadris Matematika, 7(1), 1–12.

Fitri, L. A. (2013). Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Berbasis Domain Pengetahuan Sains untuk Mengoptimalkan Minds-On Siswa SMA Negeri 2 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Radisi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 19–23.

Ginting, F. W., Sakdiah, H., Widya, & Unaida, R. (2023). Analysis of the Need for Development of Virtual Reality-Based Learning Media to Build Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Competencies for Prospective Physics Teachers. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 12098–12103. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.6163

Harefa, D. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-Mia Sma Swasta Kampus Telukdalam. Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 103–116.

Hasanah, Z. H. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13.

Hasibuan, W. F. (2016). Problematika Teacher-Center Learning: Studi Terhadap Institusi Pendidikan di Indonesia. ResearchGate.

Riowati, & Yeonanto, N. H. (2022). Peran Guru Penggerak Pada Merdeka Belajar untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan di Indonesia. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(1), 1–16.

Sapina, S., Safriana, S., Ginting, F. W., Muliani, M., & Setiawan, T. (2024). Penerapan Model Learning Cycle 5E Berbantuan Video Animasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.30601/dedikasi.v8i1.4696

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v7i1.15008

Article Metrics

 Abstract Views : 91 times
 PDF Downloaded : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Leyla Intan Sari, Fajrul Wahdi Ginting, Saifuddin Saifuddin, Muliani Muliani, Deassy Siska

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter