PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PENDIDIKAN “SI ASSEB” DI SMA NEGERI 1 MATANGKULI ACEH UTARA
Abstract
Evaluasi pendidikan itu wajib dilaksanakan oleh guru sebagai penanggung jawab dalam proses pembelajaran siswa. evaluasi tersebut dapat dilakukan dengan jalan memberikan tes yang diadakan setiap selesai satu bab pembelajaran atau biasa disebut dengan ulangan harian, ujian tengah semester atau ujian akhir semester. Beberapa peneliti telah membuat software untuk mempermudah guru dalam menganalisis hasil jawaban siswa, Namun, software yang dibuat tersebut hanya menyajikan hasil belajar siswa dalam bentuk benar dan salah saja. Soal-soal yang telah dibuat tersebut tidak dapat melihat sejauhmana siswa tersebut tersebut sudah memahami suatu materi dari soal yang diuji, sehingga software yang akan penulis buat soal pilihan ganda dua tingkat. Soal tersebut tidak hanya melihat benar dan salah dari jawaban siswa, tetapi dapat juga menganalisis tingkat pemahaman siswa dari suatu konsep dalam soal yang diuji tersebut. Sistem asesmen ini akan berbasis web sehingga nama sistem yang dikembangkan adalah Si Asseb (Aplikasi Assesment Berbasis WEB).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Balitbang Kemdikbud. 2006. Standar Operasional Proses Kurikulum KTSP. Jakarta: Kemdikbud.
Hakim, A, Liliasari, Kadorohman, A. 2012. Student Concept Understanding of Natural Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Educational Sciences. 4(3): 544-553.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses. Jakarta: Kencana.
Suharsono. 2014. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suparman. 2007. Pendidikan IPA Sekolah Menengah. Jakarta: Studi Magister Pendidikan Matematika dan IPA UPI.
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.1459
Article Metrics
Abstract Views : 336 timesPDF Downloaded : 59 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Qusthalani Qusthalani
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |