EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI BILANGAN KUANTUM
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi bilangan kuantum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan kimia semester 4 yang mengikuti perkuliahan kimia dasar II . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal-soal pilihan ganda mengenai materi bilangan kuantum dan lembar respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Teknik analisis data menggunakan rumus deskriptif persentase. Model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi bilangan kuantum, dengan tingkat ketuntasan hasil belajar sebesar 90,5 %. Respon mahasiswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing juga menunjukkan respon yang positif yaitu 97,6 % mahasiswa tertarik pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe Snowball Throwing tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Elferasari.A. 2017. Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas XII-A SMP Kartika XII-1. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 5 (2)
Kasan,T. 2005. Dasar – Dasar Pendidikan. Jakarta : Study Press
Putri, N.P. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Menyimak (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri di Boyolali).
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Yuliati. 2015. Efektifitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear di Kelas XI-IS-2 SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Peluang. Vol. 3
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.1458
Article Metrics
Abstract Views : 664 timesPDF Downloaded : 137 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Henni Fitriani, Ayu Rahmi
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |