Investigasi Pendekatan Saintifik: Mata Pelajaran Fisika di SMAN 15 Muaro Jambi untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas XII

Lusi Lusi Lusi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Pendekatan saintifik yang digunakan guru dalam pembelajaran fisika. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan mewawancarai dan mengobservasi guru fisika yang ada di SMAN 15 Muaro Jambi. Subjek penelitian ini adalah guru fisika SMAN 15 Muaro Jambi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa guru fisika di sekolah tersebut sudah menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran fisika, karena pengarahan dari kurikulum 2013 yang mengharuskan para peserta didik dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, aktif, kreatif, dan berinovasi atau berkarya. Guru tidak hanya fokus menjelaskan materi pembelajaran, tetapi juga fokus pada pengalaman belajar peserta didik yang memuat kegiatan berupa mengamati, menanya, mengumpulkan informasi (mencoba), menalar (mengasosiasi), dan mengkomunikasikan. Pendekatan saintifik dapat diarahkan pada kegiatan pembelajaran yang berbasis pemecahan masalah dan pembelajaran berbasis proyek.

Keywords


Fisika, Kurikulum 2013, dan Pendekatan Saintifik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i2.14153

Article Metrics

 Abstract Views : 144 times
 PDF Downloaded : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lusi Lusi Lusi

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter