PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS POWTOON PADA MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS XI

Raflidan Lubis, Fajrul Wahdi Ginting, Muliani Muliani, Nanda Novita, Widya Widya, Munzir Absa

Abstract


Meningkatkan kualitas media pembelajaran tidak terlepas dari peranan penggunaan teknologi. Pada zaman teknologi yang serba canggih ini guru bisa lebih mudah dalam mengakses teknologi serta media belajar yang digunakan untuk mendukung hasil belajar dan mempermudah siswa memahami penjelasan yang di berikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media video pembelajaran fisika berbasis powtoon, mengetahui respon guru dan siswa, serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siwa setelah menggunakan media video pembelajaran fisika berbasis powtoon pada materi gelombang bunyi untuk siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Dewantara. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan media dari penilaian ahli materi sebesar 90,67% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli media sebesar 90,56% dengan kriteria sangat layak, penilaian angket respon guru sebesar 90,67% dengan kriteria sangat layak, dan penilaian angket respon siswa sebesar 89,83% dengan kriteria sangat menarik. Peningkatan literasi sains siswa dilihat menggunakan rumus N-Gain. Skor N-Gain kelas eksperimen memperoleh sebesar 0,70 dengan kriteria tinggi, dan kelas kontrol sebesar 0,56 dengan kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran fisika berbasis powtoon pada materi gelombang bunyi dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.


Keywords


Media Pembelajaran, Video, Powtoon, Literasi Sains

Full Text:

PDF

References


Agung, elsa dwi kurniafin, and Indica Yona Okyranida. 2021. “Navigation Physics J Ourna l of Physi c s E Duc a t i on Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Dan Respon Siswa Pada Materi Gelombang Kelas VIII MTs Negeri 9 Blitar.” 3(2)

Arif, M. F., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 329- 335.

Fitriyani, Nina. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar.” 6(1): 104–14.

Kurnia, Feni, and Apit Fathurohman. 2018. “Analisis Bahan Ajar Fisika Sma Kelas Xi Di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains.” 1(1): 43–47.

Kurniawan, A, M Sari, and R Jannah. 2021. “Efektivitas Video Pembelajaran Fisika Berbasis Model Learning Cycle 5E Berbantuan Adobe After Effects Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA ….” Natural Science: Jurnal … 7(1): 12–21.

Mahlianurrahman, and Rapita Aprilia. 2022. “Pengembangan Media Video Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Sekolah dasar (DIKODA) 3(1): 8–17

Mardianti, Iis, Kasmantoni, and Ahmad Walid. 2020. “BIO-EDU : Jurnal Pendidikan Biologi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Materi.” 5(2): 97–106

Serpil Günaydin, Ayşen Karamete. 2016. “Material Development to Raise Awareness of Using Smart Boards: An Example Design and Development Research.” (15): 114–22.

Soleh, M Rizki, S Nurajizah, and S Muryani. 2019. “Perancangan Animasi Interaktif Prosedur Merawat Peralatan Multimedia Pada Jurusan Multimedia SMK BPS & K II Bekasi.” 9(September): 138–50.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT. Alfabet

Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574-583

Yoshua, Ricky, Indica Yona Okyranida, and Dandan Luhur Saraswati. 2022. “Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Fisika Berbasis Powtoon Pada Materi Pemanasan Global.” Jurnal Lonta Physics Today 1(2): 97–102.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i2.14124

Article Metrics

 Abstract Views : 201 times
 PDF Downloaded : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Raflidan Lubis, Fajrul Wahdi Ginting, Muliani Muliani, Nanda Novita, Widya Widya, Munzir Absa

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter