Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kediri
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VII, sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Devision) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SmpN 1 kediri . Penelitian ini dirancang untuk menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah jenis penelitian yang menggunakan Quasi eksperimen. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ada 2 kelas yang terdiri dari 60 siswa, dimana siswa kelas VIIA yang berjumlah 30 siswa menjadi kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Devision dan kelas VIIB yang berjumlah 30 siswa menjadi kelas kontrol tanpa diberi perlakuan model pembelajaran konvensional . Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument observasi, dokumentasi dan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya perbedaan pada hasil belajar terhadap keduan kelas dengan perlakuan yang berbeda. Pada hasil belajar memiliki perbedaan hasil antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Devision dengan nilai rata-rata pretest yaitu 39,40 dan nilai rata-rata posttest yaitu 81,33 dengan jumlah peningkatan yaitu 41,93. Sedangkan pada kelas kontrol yang diberi perlakuan model konvensional yaitu pada kelas pretest dengan nilai rata-rata 38,37 dan nilai rata-rata posttest yaitu 67,63 dengan jumlah peningkatan 29,26. Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Devision berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andira, A., Hasmawati, H., & R, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(2), 128. https://doi.org/10.26858/interference.v1i2.14699
Ardiyansyah, A., Junaidi, E., & Hadisaputra, S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(2), 44. https://doi.org/10.29303/cep.v2i2.1396
Arsana, I. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xii Mipa 2 Sma Negeri 1 Petang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Widyadari, 22(2), 694–705. https://doi.org/10.5281/zenodo.5576108
Didik, L. A., & Aulia, F. (2019). Materi Listrik Statis Mahasiswa Tadris Fisika Menggunakan Metode 3-Tier Multiple Choices. Jurnal Phenomenon, 9(1), 99–112.
Hidayati, N. S., Didik, L. A., & Yahdi, Y. (2021). Penerapan Metode Praktikum Berbasis Inkuiri Pada Pelajaran Fisika Topik Getaran Dan Gelombang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Xi Sman 1 Pringgarata Tahun Pelajaran 2018/2019. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 34–38. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i1.34220
Irawati, A., Hindaryatiningsih, N., & Ramly. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X. Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(2), 41–50. https://doi.org/10.36709/jpa.v1i2.7
Khumasiah, S. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas X IPA SMA Negeri 7 Wajo. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 339–352.
Ko’o, E., Meiliyadi, L. A. D., & Bahtiar. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Multiple Intelligences pada Materi Kalor Kelas VII MTs Miftahul Ishlah. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i1.6979
Mahaetri, K. K., & Muliati, N. K. (2020). Pengaruh Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Hita Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 436–464. https://doi.org/10.32795/hak.v1i1.786
Meiliyadi, L. A. D., Wahyudi, M., & Fidiawati. (2022). Peningkatan Kompetensi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika Melalui Pembinaan Olimpiade Berbasis Kompetisi Sains Madrasah. Jurnal Warta Desa, 4(3), 148–153. https://doi.org/10.29303/jwd.v4i3.196
Ningsih, Rahayu, E. D., & Wulandari, R. N. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar serta Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4828-4838.
Nur’aini, Didik, L. A., & Bahtiar. (2020). Analisis Miskonsepsi Tentang Kemagnetan Pada Siswa MTS Ishlahul Muslimin Senteluk Kelas IX Tahun Ajaran 2018/2019. RELATIVITAS: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(2), 8–15.
Nur Syamsu, F., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450
Pongato, I. N., & Pakiding, R. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Luas Permukaan Kerucut Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Nubin Smart Journal, 3(1), 74–79.
Pradikto, B., Dewi, I. P., & Janjumari, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Aplikasi Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pendidikan Kesetaraan Paket C. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 371. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.371-380.2021
Prihatni, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Koopertif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Jomblangan Tahun Ajaran 2019/2020. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3).
Putra, B. A., Mansyur, A., & Siagian, P. (2023). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Model Pembelajaran TPS dan STAD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1715–1728. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.571
Sasomo, B. (2021). Pengembangan Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)-Virtual Melalui Breakout Room pada Aplikasi Zoom Meeting. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 65–74. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.3105
Tabrani, T., & Amin, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 200–213.
Tsabita, D. W., Zulkarnain, F. O., Gusti, I., Ratna, A., Dewi, K., & Evaldus, J. D. (2023). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa dengan metode kajian literatur. 3, 466–474.
Wahyudi, F., Didik, L. A., & Bahtiar. (2021). Pengembangan Instrumen Three Tier Test Diagnostik Untuk Menganalisis Tingkat Pemahaman Dan Miskonsepsi Siswa Materi Elastisitas. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 48–58. https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.5184
Wati, R. Y., Ningrat, H. K., & Didik, L. A. (2021). Pembelajaran fisika berbasis CTL melalui metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi tata surya. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 9(1), 40–49. https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.2103
Yantik, F., Suttrisno, S., & Wiryanto, W. (2022). Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420–3427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2624
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i2.13031
Article Metrics
Abstract Views : 251 timesPDF Downloaded : 41 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Shintia Astuti Handayani, Lalu Ahmad Didik Meiliyadi, Nevi Ernita
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |