PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KINETIKA KIMIA

Ayu Rahmi

Abstract


Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Kinetika Kimia” ini mengangkat masalah apakah dengan penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada materi kinetika kimia. Penelitian dilakukan di FKIP Universitas Malikussaleh. Penelitian ini dilaksanakan pada 5-28 Febuari 2018. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia semester II  tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 orang, terdiri dari  4 laki-laki dan 18 perempuan. Untuk mengetahui aktivitas mahasiswa, dilakukan observasi dengan menggunakan lembar pengamatan. Dari hasil pengamatan diketahui aktivitas mahasiswa mengalami perubahan menjadi lebih baik dari siklus I ke siklus II.  Disamping itu, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model CTL, diberikan tes tulis dan diperoleh bahwa hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase hasil belajar pada pertemuan pertama sebesar 56,67% menjadi 70,00% pada pertemuan kedua. Setelah siklus II dilaksanakan, persentase hasil belajar lebih meningkat dari76,00% menjadi 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada materi kinetika kimia.

 

Kata Kunci: model pembelajran, CTL, hasil belajar

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Dwipurwani, Oki, Maiyanti, Sri Indra, Desiani, Anita dan Suryati, Sari. 2012, Jurnal Penelitian Sains. Vol, 15, No, 1 (A) 15101. hal.47.

Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjendikdasmen.

Nurhadi dan Senduk. 2003. Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Malang Press.

Purwanto. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soedjiono, Anas. 2001. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v1i1.1197

Article Metrics

#### view : 49 times
PDF 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: on process, e-ISSN: on process.