PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PELATIHAN BERBASIS METODE PRAKTIKUM

Siska Maurita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pelatihan berbasis metode praktikum di SMAN 1 Meulaboh T. P 2016/ 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen, dan desain penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Meulaboh yang terdiri dari enam kelas setiap kelas berjumlah 40 siswa, dan kelompok sampel ditentukan dengan teknik random sampling sehingga diperoleh dua kelas yang menjadi sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes bentuk pilihan berganda yang telah ditentukan validitas dan reliabilitasnya sebanyak 20 soal.Kemudian pada sampel diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pelatihan berbasis metode praktikum dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Pada awal pembelajaran siswa diberikan pretes dengan hasil rata – rata kelas eksperimen 28,4 dan kelas kontrol 27,8. Setelah pembelajaran selesai diperoleh postes dengan hasil rata – rata kelas eksperimen 81,5 dan kelas kontrol 69,1. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa  ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan model pelatihan berbasis metode praktikum dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional selama kegiatan belajar mengajar di SMAN 1 Meulaboh T.P 2016 / 2017

Kata Kunci: model pelatihan, metode praktikum.


Full Text:

PDF

References


Halimah, S. 2012. Strategi Pembelajaran. Penerbit Cita Pustaka Meida Perintis. Jakarta.

Kurnianto, P. 2010. Pengembanagan Kemampuan Mengumpulkan dan Mengkomunikasikan Konsep Fisika Melalui Kegiatan Praktikum Fisika Sederhana, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 3(6). Hal. 57.

Novita, A. 2013. Pengaruh Pemakaian Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi, Jurnal Matematika dan Sains. 3(1). Hal.30.

Sumintono, B. 2010. Pengajaran Sains Dengan Praktikum Laboratorium: Perspektif Dari Guru – Guru Sains Di SMPN Di Kota Cimahi, Jurnal Pengajaran MIPA. 2(15). Hal. 121.

Wibowo, W. 2009. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester I Pada Pokok Bahasan Cahaya Dengan Model Pelatihan Berbasis Kegiatan Praktikum Dan Pengajaran Konvensional Di SMP Negeri 38 Medan T. P. 2009/2010. Skripsi. FMIPA UNIMED. Medan.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v1i1.1194

Article Metrics

#### view : 8 times
PDF 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: on process, e-ISSN: on process.