PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Halimatus Sakdiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas X. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas X di SMA N 4 Sungai Penuh yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang telah dilakukan uji validitas isi dan ramalan dalam bentuk essay dengan jumlah 10 soal. Dari hasil penelitian diperoleh kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis  uji-t dua pihak diperoleh thitung = 5,51 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel, oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran learning cycle dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar fisika siswa..

 

Kata Kunci: Learning Cycle, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., (2007), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta :Penerbit Rineka Cipta.

Astrina,Limsia., (2010), Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (Siklus Belajar) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA N1 Dolok Sanggul Semester I, skripsi FMIPA Unimed, Medan

Nurhadi., (2003), Pembelajaran Kontektual (Contextual Teaching and Learning) dan Penerapannya dalam KBK, Malang : Universitas Negeri Malang.

Wena, Made., (2009), Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Zahara, Afni., (2010), Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (Siklus Belajar) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Statis Kelas IX Semester I SMP Negeri 5 Binjai, skripsi FMIPA Unimed, Medan.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v1i1.1192

Article Metrics

#### view : 21 times
PDF 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: on process, e-ISSN: on process.