ANALISA STUKTUR MIKRO MATERIAL KOMPOSIT POLIMER BERPENGUAT SERBUK CANGKANG KERANG

Ahmad Nayan, Teuku Hafli

Abstract


Material komposit karena keunikannya yang memliki sifat mekanik dan sifat fisik berbanding terbalik dengan material logam menjadi daya tarik tersendiri bagi para peneliti untuk menemukan komposisi yang sesuai gabungan beberapa material.  Sifat mekanik yang paling menonjol dari material komposit polimer adalah memili kekuatan yang lebih besar dari materila logam tapi memiliki bobot berat yang lebih ringan.  Penggunaan material alami sebagai penguat semakin banyak dilakukan penelitian untuk menghindari penggunaan bahan sintesis yang bersifat tidak dapat perbaharui seperti serat gelas. Cangkang kerang yang memiliki sifat keras dan ringan merupakan salah satu alternatif penguat pada bahan komposit. Penenlitian ini menggunakan partikel cangkang kerang sebagai penguat material komposit dengan variasi fraksi volume 20%, dan 40% untuk menganalisa bentuk mikro struktur yang menyebabkan menurunya kekautan tarik.  Spesimen dipersiapkan dengan menggunakan metode pencampuran manual.   Spesimen untuk pengujian uji tarik merujuk pada standar ASTM D638–02 bertujuan untuk mengetahui sifat mekanik komposit partikel cangkang kerang dan mengetahui bentuk patahan struktur mikro material komposit melalui pengujian morfologi SEM (Scanning Electron Microscope). Hasil dari pengujian kekuatan tarik pada fraksi volume 40% dengan nilai rata-rata sebesar 103 MPa, dengan regangan tarik 0,69%, sementara pada rata-rata dengan nilai sebesar 102,57 MPa, regangan tarik sebesar 0,62%. Berdasarkan hasil pengamatan morfologi patahan dengan menggunakan SEM. Menunjukkan hasil patahan yang terbagus terdapat pada komposit dengan ukuran pengisi 200 Mesh dan komposisi pengisi 40%.

Full Text:

PDF

References


638-02, A. D. (2002). Standard Test Method forTensile Properties of Plastics. An American National Standard.

Achmad Nurhidayat, N. S. (2013). Pengaruh Fraksi Volume Pada Pembuatan Komposit Hdpe Limbah-Cantula dan Berbagai Jenis Perekat Dalam Pembuatan Laminate. Volume 14 No. 02.

Addriyanus, T. H. (2015). Pengaruh Komposisi dan Ukuran Serbuk Kulit Kerang Darah (Anadora Granosa) Terhadap Kekuatan Tarik Dan Kekuatan Bnetur Dari Komposit Epoksi-Ps/Serbuk Kulit Kerang Darah. Jurnal Teknik Kimia USU. Vol. 4, No. 4 Universitas Sumatra Utara.

Ahmad Mufidun, A. A. (2016). Pemanfaatan Filler Serbuk Cangkang Kerang Simping (Placuna Placenta) dan Matriks Poliester Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Papan Komposit. Jurnal Neutrino, Vol. 9, No. 1.

Cut Gustiana, A. ,. (2018). Analisis Pendapatan Nelayan Pencari Kerang Tiram Di Desa Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa. Vol. 5 No. 2.

Dody Irnawan, B. K. (2019). Kajian Ukuran Serbuk Komposit Limbah Cangkang Telur Terhadap Ketangguhan Impak . Journal of Architecture and Built Environment, Vol. 1, No. 2.

Egbo, M. K. (2020). A fundamental review on composite materials and some of their. Journal of King Saud University.

Farikhin, F. (2016). Analisa scanning electron microscope komposit polyester dengan filler karbon aktif dan karbon non aktif. Surakarta: universitas muhammadiyah surakarta.

Hartono, M. R. (2016). Pengenalan Teknik Komposit. Yogyakarta: Deepublish.

I Putu Gede Suartama, I. N. (2016). Pengaruh Fraksi Volume Serat Terhadap Sifat Mekanis Komposit Matriks Polimer Polyester Diperkuat Serat Pelepah Gebang. Jurusan Pendidikan Teknik Mesin (JJPTM), Vol: 5 No: 2.

Indra Mawardi, H. L. (2019). Proses Manufaktur Plastik & Komposit. Yogyakarta: Andi.

Jr., W. D. (2005). Materials Science and Engineering (7th Edition). New York : Jhon Wiley & Sons, Inc.

Muhammad Hendra S Ginting, N. H. (2016). Pengaruh Komposisi Kulit Kerang Darah (Anadara Granosa) Terhadap Kerapatan, Keteguhan Patah Komposit Partikel Poliester. eminar Nasional Sains dan Teknologi .

Mukmin, K. (2019). Pengaruh Arah Serat Ijuk Terhadap Kekuatan Tarik Dan Bending Material Komposit Serat Ijuk-Epoxy. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Nayiroh, N. (2013). Teknologi Material Komposit. Lecture Material, . Malang : Universitas Negeri Malang .

Nugroho, F. (2017). Pengaruh Kandungan Partikel Serbuk Genteng Sokka Terhadap Kekuatan Tarik Dan Kekuatan Impak Pada Komposit Bermatriks Epoxy. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Kedirgantaraan (SENATIK), Vol. III.

Zulmiardi, M. A. (2019). Pengaruh Fraksi Volume Terhadap Kekuatan Tarik Komposit Polyester Bqtn Type 157-Ex Yang Diperkuat Serat Abaca. Universitas Malikussaleh.




DOI: https://doi.org/10.29103/mjmst.v6i1.8184

Article Metrics

 Abstract Views : 1142 times
 PDF Downloaded : 322 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Nayan, Teuku Hafli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.