Analisis Kinerja Lalu Lintas Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Elak Kota Lhokseumawe)

Mukhlis M, Syibral Malaysi, Ichsan Mirza, Teuku Mudi Hafli, David Sarana

Abstract


Simpang Elak kota Lhokseumawe merupakan simpang yang letaknya di jalan Nasional yaitu jalan Medan – Banda Aceh yang merupakan jalan lintas provinsi. Simpang Elak Kota Lhokseumawe melayani arus lalu lintas dari berbagai arah yaitu jalan lintas Medan – Banda Aceh, dan jalan Elak.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya kinerja Simpang. Adapun survei arus lalu lintas yang dilakukan selama 1 minggu dimulai dari jam 07.00 - 18.00 WIB. Dan dilanjutkan dengan pengambilan data geometrik, selanjutnya dilakukan analisis kinerja simpang menggunakan Pedoman kapasitas Jalan Indonesia dan pengukuran tingkat pelayanan diukur berdasarkan PKJI 2014. Dari hasil analisis yang dilakukan dengan menghitung lalu lintas harian rata-rata selama 1 minggu menunjukkan volume lalu lintas sebesar 2217 skr/jam dengan kapasitas simpang 4618 skr/jam, derajat kejenuhan adalah 0.48 dan tundaan adalah 9.41 det/skr dengan tingkat pelayanan C. Derajat kejenuhan yang didapat masih dibawah  batas minimal nilai derajat kejenuhan kurang dari 0.85 yaitu sebesar 0.48 menunjukkan bahwa kinerja simpang tersebut masih terkendali dengan karakteristik arus lalu lintas arus stabil, tetapi kecepatan gerak kendaraan dikendalikan. Dari hasil yang didapat maka simpang Elak kota Lhokseumawe masih belum perlu dilakukannya perbaikan desain simpang, karena derajat kejenuhan simpang Elak Kota Lhokseumawe masih di bawah batas minimal yang ditetapkan PKJI 2014.


Full Text:

PDF

References


Amahoru, dkk. 2020. Analisa Pengaruh Aktivitas Pasar Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Jalan Mardika Kota Ambon). Jurnal Manumata. Vol. 6, No. 2, pp 72-82.

Anonim, 1997. Direktorat Jendral Bina Marga. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Jakarta : Departemen Pekerjaan Umun.

Anonim, 2014. Direktorat Jendral Bina Marga. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Bianto, A. A. 2019. Analisa Kinerja Ruas Jalan Putri Hijau Kota Medan. Skripsi. Medan : Universitas Medan Area.

Elianora, dkk.2021. Analisis Pengaruh Derajat Kejenuhan Dan Kecepatan Terhadap Tingkat Pelayanan Pekanbaru. Jurnal Tekla. Vol. 3, No. 1, pp 59-65.

Kristanti, dkk. 2020. Analisis Dampak Hambatan Samping Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Kota Makassar. E-Jurnal Teknik Sipil UKI-Paulus Makassar. Vol. 2, No. 2, pp 85-91.

Lalenoh, dkk. 2015. Analisa Kapasitas Ruas Jalan Sam Ratulangi Dengan Metode MKJI 1997 Dan PKJI 2014. Jurnal Teknik Sipil Statik. Vol. 3, No. 11, pp 737-746.

M, I. 2019. Sistem Informasi Geografis Tingkat Kerusakan Ruas Jalan Berbasis Web). Jurnal Sistem Informasi. Vol. 6, No. 1. pp 20-31.

Merentek, T.G.S, dkk. 2016. Analisa Perilaku Karakteristik Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Antar Kota (Studi Kasus Manado-Bitung). Jurnal Sipil Statik, Vol. 4, No. 3, pp 187-201.

Rohani, dkk. (2021). Tinjauan Kapasitas, Hambatan Samping Dan Kinerja Jalan Pada Kawasan Komersial Di Kota Mataram. Jurnal Ganec Swara, Vol. 15, No. 1, pp 905-913.

Sakraji, dkk. 2020. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Jalan Laksda Adisutjipto). Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil, Vol. 1, No. 2, pp 1-112.

Senduk, dkk. 2018. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Raya Kota Tomohon. Jurnal Sipil Statik, Vol. 6, No. 7, pp 461-470.

Setiawan, dkk. 2018. Analisa Kinerja Ruas Jalan Pada Jalan Parameswara Kota Palembang. Jurnal Tekno, Vol. 15, No. 2, pp 1-52.

Tuasikal, R. A. 2021. Analisis Aktivitas Pasar Terhadap Kinerja Lalu Lintas. Skripsi. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Widari, L.A., Akbar, S.J. And Fajar, R. (2021) ‘Analisis Tingkat Pelayanan Jalan (Studi Kasus Jalan Medan–Banda Aceh Km 254+800 S.D Km 256+700)’, Teras Jurnal, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.29103/mjmst.v7i2.13809

Article Metrics

 Abstract Views : 90 times
 PDF Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Teuku Mudi Hafli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.