Optimasi Spark Timing Motor Bakar SI dengan Menggunakan Elpiji Sebagai Bahan Bakar

A Asnawi, Adi Setiawan, Jufrizal Ismail

Abstract


Pengalihan sumber energi menjadi topik utama di dunia transportasi agar dapat menggunakan bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan sebagai sumber energi pada motor bakar. Salah satu jenis bahan bakar yang digunakan sebagai sumber energi pada motor bakar adalah bahan bakar elpiji. Penggunaan elpiji pada motor bakar dapat berpengaruh terhadap unjuk kerja motor bakar, hal ini disebutkan pada pembahasan karakteristik bahan bakar yang digunakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan elpiji sebagai sumber energi pada motor bakar, sehingga proses konversi energi yang terjadi dapat dihasilkan secara optimal, optimasi dilakukan dengan cara memvariasikan sudut percikan api  dan pengujian unjuk kerja dioperasikan pada berbagai kecepatan putaran mesin. Pengujian juga dilakukan dengan menggunakan bahan bakar bensin pada sudut pengapian standar 10° sebelum TMA, yaitu untuk menjadi data acuan dalam penelitian ini. Hasil  pengujian menggunakan elpiji menunjukkan terjadinya penurunan daya rata-rata sebesar 11,25% pada sudut percikan api 16° sebelum titik mati atas. Penurunan daya dan torsi yang dihasilkan pada motor bakar disebabkan oleh rendahnya energi input, yaitu jumlah O2 dan bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar terjadi penurunan. Dampak positif penggunaan elpiji pada motor bakar adalah dapat meningkatkan efisiensi serta menurunkan konsumsi bahan bakar spesifik, hal ini menunjukkan penggunaan elpiji lebih menguntungkan dibandingkan dengan bahan bakar bensin

Full Text:

PDF

References


Raslavičius, L., dkk., Liquefied petroleum gas (LPG) as a medium-term option in the transition to sustainable fuels and transport. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 2014. 32(0): p. 513-525.

Rosmayati, L., Kajian Komposisi Hidrokarbon dan Sifat Fisika-Kimia LPG Untuk Rumah Tangga, in Lembaran Publikasi Minyak dan Gas Bumi. 2012, Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi. p. 69-77.

Borman, G.L. dan K.W. Ragland, Combustion Engineering. 1998, United States of America: McGraw-Hill.

Saleh, H.E., Effect of variation in LPG composition on emissions and performance in a dual fuel diesel engine. Fuel, 2008. 87(13–14): p. 3031-3039.

Ganesan, V., Internal Combustion Engines. 2nd ed, ed. I. Edition. 2004, Asia: McGraw-Hill Education. 777.

Gumus, M., Effects of volumetric efficiency on the performance and emissions characteristics of a dual fueled (gasoline and LPG) spark ignition engine. Fuel Processing Technology, 2011. 92(10): p. 1862-1867.

Heywood, J.B., Internal Combustion Engine Fundamentals. 1988, New York: McGraw-Hill Book Company.

Ferguson, C.R. dan A.T. Kirkpatrick, Internal Combustion Engines, Applied Thermosciences. 2nd ed. 2001: Wiley.

Bauer, C.G. dan T.W. Forest, Effect of hydrogen addition on the performance of methane-fueled vehicles. Part I: effect on S.I. engine performance. International Journal of Hydrogen Energy, 2001. 26(1): p. 55-70.

Arroyo, J., dkk., Experimental study of ignition timing and supercharging effects on a gasoline engine fueled with synthetic gases extracted from biogas. Energy Conversion and Management, 2015. 97(0): p. 196-211.

Asnawi, dkk. Numerical Study of Hydrogen Enrichment Effect on Burning Duration of SI Engine Powered By Alternative Fuel. in Aceh Development International Conference. 2011. Universiti Kebangsaan Malaysia, Bangi, Malaysia: UKM PRESS.

Liao, S.Y., D.M. Jiang, dan Q. Cheng, Determination of laminar burning velocities for natural gas. Fuel, 2004. 83(9): p. 1247-1250.

Schefer, R.W., Hydrogen enrichment for improved lean flame stability. International Journal of Hydrogen Energy, 2003. 28(10): p. 1131-1141.

Asnawi, Pengaruh Pengayaan Hidrogen Terhadap Heat Losses Pada Motor Bakar Berbahan Bakar Gas Alam. Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology 2013. Vol. 1. No. 2: p. 13-20.

Asnawi, Formasi Nitric Oxide (NO) pada Motor Bakar Spark Ignition (SI) dengan Menggunakan Bahan Bakar Gas Alam. Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology, 2013. Vol. 1 No. 1 p. 25-33.

Ceviz, M.A. dan F. Yüksel, Cyclic variations on LPG and gasoline-fuelled lean burn SI engine. Renewable Energy, 2006. 31(12): p. 1950-1960.

Lee, S., dkk., Effect of n-Butane and propane on performance and emission characteristics of an SI engine operated with DME-blended LPG fuel. Fuel, 2011. 90(4): p. 1674-1680.

Ceviz, M.A., A. Kaleli, dan E. Güner, Controlling LPG temperature for SI engine applications. Applied Thermal Engineering, 2015. 82(0): p. 298-305.

Erkuş, B., A. Sürmen, dan M.İ. Karamangil, A comparative study of carburation and injection fuel supply methods in an LPG-fuelled SI engine. Fuel, 2013. 107(0): p. 511-517.

Masi, M. dan P. Gobbato, Measure of the volumetric efficiency and evaporator device performance for a liquefied petroleum gas spark ignition engine. Energy Conversion and Management, 2012. 60(0): p. 18-27.

Akansu, S.O. dan M. Bayrak, Experimental study on a spark ignition engine fueled by CH4/H2 (70/30) and LPG. International Journal of Hydrogen Energy, 2011. 36(15): p. 9260-9266.




DOI: https://doi.org/10.29103/mjmst.v4i2.10892

Article Metrics

 Abstract Views : 110 times
 PDF Downloaded : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 A Asnawi, Adi Setiawan, Jufrizal Ismail

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.