KONTRIBUSI KEMAMPUAN MEMAHAMI CERPEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kontribusi kemampuan memahami cerpen terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX MTsN se-Kota Payakumbuh, kontribusi motivasi belajar terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX MTsN se-Kota Payakumbuh, dan kontribusi kemampuan memahami cerpen dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX MTsN se-Kota Payakumbuh. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif, menggunakan metode deskriptif analisis. Populasi dalam penelitian ini ialah sebanyak 544 dari siswa kelas IX MTsN se-Kota Payakumbuh dengan sampel 80 siswa dengan teknik Proportional Random Sampling. Hasil penelitian ini ialah sebagai berikut: (1) kemampuan memahami cerpen berkontribusi terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX MTsN se-Kota Payakumbuh (2) motivasi belajar berkontribusi terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX MTsN se-Kota Payakumbuh; (3) kemampuan memahami cerpen dan motivasi belajar secara bersama-sama berkontribusi terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX MTsN se-Kota Payakumbuh.
Kata kunci: kemampuan memahami cerpen, motivasi belajar, keterampilan menulis
cerpenFull Text:
PDFReferences
Febrina, L. (2013). Kontribusi Minat Baca Cerpen dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MAN 1 Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Vol. 1, No. 1, Februari, pp 80—93.
Firdawati. (2013). Hubungan Minat Baca Sastra dan Kemampuan Membaca Apresiatif dengan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 32 Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Vol. 1, No. 1, Februari, pp 53—63.
Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Insani. (2016). Hubungan antara Penguasaan unsur Intrinsik dan Minat Membaca Karya Sastra dengan Kemampuan Meresepsi Teks Cerpen. (Tesis). Yogyakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.
Kurniawan, H. (2014). Pembelajaran Menulis Kreatif: Berbasis Komunikatif dan Apresiatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Riduwan. (2010). Belajar Mudah: Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sadikin, M. (2000). Kumpulan Sastra Indonesia. Jakarta: Gudang Ilmu.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Semi, M. A. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Sutardi, H. K. (2012). Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sambodja, A. (2007). Cara Mudah Menulis Fiksi. Jakarta: Bukupop.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008b). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Thahar, H. E. (2004). Menulis Kreatif Panduan Penulisan Pemula. Padang: UNP Press.
Thahar, H. E. (2008b). Menulis Kreatif: Panduan bagi Pemula. Padang: UNP Press.
DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v3i1.7234
Article Metrics
Abstract Views : 304 timesPDF Downloaded : 202 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats