ANALISIS MAKNA IMPLIKATUR DALAM WACANA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA MEDIA SOSIAL
Abstract
ABSTRAK
Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikananalisiswacanaberupaimplikaturdalamiklanlayananmasyarakatpada media sosial. Iklanlayananmasyarakatpadapenelitianinidiperolehdari 10 akun, terdiriatas 1 akunorganisasianakdan 9 akunkementerian Indonesia yang dibatasipadaJanuari 2020. Jenispenelitianiniadalahkualitatifdenganpendekatandeskriptif. Data padapenelitianiniberupa kata, frasa, klausa, sertakalimat yang mengandungmaknaimpilkaturdalamiklanlayananmasyarakatpada media sosial. Sumber data penelitianiniadalahiklanlayananmasyarakatpada media sosial. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteknikdokumentasi. Hasilpenelitian yang diperolehadalahmaknaimplikatursebanyak 3 makna, yakniimbauan (ajakan), larangan (sindiran) danperingatan.
Kata Kunci: AnalisisWacana, IklanLayananMasyarakat, Implikatur
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ariani, Ida Ayu Putu Nikke Widhi dkk. 2016. “Implikatur Pada Iklan Layanan Masyarakat”. Jurnal JPBSI Undiksha, (Online). Vol.4, No.2, (https://ejournal.undiksha.ac.id). diakses pada 21 Desember 2019.
Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Peneitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahmayanti, Utari. 2016. “Analisis Wacana Iklan Layanan Masyarakat pada Harian Kompas Edisi Agustus 2015”. Skripsi (Internet), (http://repository.ump.ac.id). diakses tanggal 4 Desember 2019.
Santoso, Hari. 2015. “Upaya Meningkatkan Minat dan Budaya Membaca Buku Melalui Iklan Layanan Masyarakat”. Artikel (Online). Jilid-, No.-, (http://library.um.ac.id). diakses tanggal 13 Desember 2019.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. MetodePenelitianKualitatif. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v1i1.3410
Article Metrics
Abstract Views : 1898 timesPDF Downloaded : 521 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats