PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS RESENSI SISWA KELAS XI SMKS ULUMUDDIN LHOKSEUMAWE

Murahmanita Murahmanita, Sayni Nasrah, Trisfayani Trisfayani

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks resensi siswa kelas XI SMKS Ulumuddin Lhokseumawe. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks resensi siswa kelas XI SMKS Ulumuddin Lhokseumawe. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan model eksperimen dengan rancangan control group pre-test dan post-test design.  Sumber data atau objek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI putri yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 27 peserta didik dan keseluruhannya dijadikan objek penelitian. Kelas XI MM sebagai kelas kontrol dan kelas XI TGB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test).  Hasil penelitian memperlihatkan perbedaan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata nilai pre-test kelas kontrol yaitu, 78,44, sedangkan nilai pada hasil post-test adalah 89,78. Nilai rata-rata (mean) pada hasil pre-test kelas eksperimen adalah 68,22, sedangkan pada hasil post-test adalah 90,89. Hasil tersebut memperlihatkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks resensi dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak.

 

Kata Kunci: Audio Visual, Menulis, Teks Resensi

Full Text:

PDF

References


Afianti, Nur. 2014. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Keteram-

pilan Menulis Puisi Siswa Kelas IX MTS Jabal Nur Cipondoh Tangerang Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi (internet), (http://repository.uinjkt.ac.id) diakses tanggal 11 Agustus 2020.

Agustin, Muliani. 2017. “Peningkatan Kemampuan Menulis Resensi Novel Menggunakan Stategi Pemodelan”. Jurnal Diksatrasia, Volume 1, Nomor 2 Agustus 2017.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Halifah, Nur. 2015. “Pengaruh Media Gambar pada Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram Tahun 2015/2016”. Skripsi (internet), (http://eprints.unram.ac.id). diakses tanggal 22 Februari 2020.

Hutabarat, Citra Ferawati. 2017. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Laporan Pengamatan Kelas V di MIS Qoriah Fadhillah”. Skripsi (internet), (http://repository.uinsu.ac.id). di akses tanggal 17 Februari 2020.

Kharisma, Nur Ixanie. 2018. “Pengembangan Media Audio Visual Untuk Pembelajaran Menyimak Bahasa Prancis Kelas XI SMA/SMK”. Skripsi (internet), (http://eprints.uny.ac.id). diakses tanggal 11 Agustus 2020.

Khotimah, Husnul dan Kartika Chrysti Suryandari. 2016. “Analisis Kesulitan Menulis Karangan pada Siswa Kelas VI SDN 2 Panjer”. Jurnal FKIP UNS.

Kurnia, Dadang, Jayadinata, Asep Kurnia, dan Ahmad Fujiyanto. 2016. “Penggunaan Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup”. Jurnal Pena Ilmiah, Vol 1, No. 1: 842.

Mayaningrum, Astarina Siska. 2010. “Peningkatan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 3 Jombang dengan Menggunakan Metode CIRC”. Karya Ilmiah.um.ac.id. diakses pada tanggal 01 Maret 2020.

Pohan, Eli Yulidar. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Collabirative Learning Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen oleh Siswa Kelas XI SMA Persiapan Stabat Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Online. diakses pada tanggal 06 Maret 2020.

Rakhman, Maman, Hasan, Syamsuri, dan Andriana Johari. 2014. “Penerapan Media Video dan Animasi pada Materi Memvakum dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal of Mechanical Engineering Education. Volume 1, No. 1 Juni 2014: 9-10.

Rahmawati, Eriah. 2011. “Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku Melalui Metode Pembelajaran Berdasarkan Masalah Menggunakan Teknik Membandingkan pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Bawang Kabupaten Banjarnegara”. Skripsi (internet), (https://lib.unnes.ac.id). diakses tanggal 22 Februari 2020.

Septiaji, Aji. 2015. “Membangun Keterampilan Menulis”. Dalam Kompasiana. Edisi Selasa, 26 Februari 2013. Jakarta.

Windari. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Film Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan”. Skripsi (internet),(http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id). diakses tanggal 17 Februari 2020.

Yuliapitri, Idriani. 2016. “Hubungan Kemampuan Memahami Resensi dengan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tilatang Kamang Kabupaten Agam”. Skripsi (internet), (https://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id). diakses pada tanggal 5 Maret 2020).




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v1i1.3407

Article Metrics

 Abstract Views : 2104 times
 PDF Downloaded : 389 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats