PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR TEKS LAPORAN PERCOBAAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DI KELAS IX MTsN 4 PIDIE JAYA

Alfi Zahara, Muhammad Idham, Maya Safhida

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menelaah struktur teks laporan percobaan menggunakan model jigsaw di kelas IX MTsN 4 Pidie Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP yang dirancang guru sudah sesuai dengan model pembelajaran jigsaw dan secara keseluruhan, RPP guru sudah memenuhi komponen yang tertera pada Permendikbud No. 22 Tahun 2016. Pelaksanaan pembelajaran berlangsung melalui tiga kegiatan, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Pada bagian pendahuluan di kelas IX-a dan IX-b, kegiatan yang luput dari perhatian guru adalah tidak menyampaikan IPK dan KKM yang jelas. Pada bagian kompetensi inti di kelas IX-a dan IX-b, kegiatan yang luput dari perhatian guru adalah tidak menyiapkan buku penunjang lainnya yang berkaitan dengan materi dan guru juga tidak menyampaikan secara rinci petunjuk pengerjaan LKPD kepada siswa. Pelaksanaan kegiatan penutup di kelas IX-a dan IX-b sudah sesuai dengan RPP. Evaluasi hasil pembelajaran yang diperoleh siswa kelas IX-a dan IX-b adalah B dan nilai pengetahuan yang diperoleh siswa kelas IX-a dan IX-b dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 75. Penilaian tersebut dilaksanakan sesuai dengan instrumen penilaian yang ada di dalam RPP

Keywords


guru, menelaah struktur teks laporan percobaan, jigsaw Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama. Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Belajar. Kemendikbud. (

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Belajar.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/permendikbud22 2016SPDikdasmen.pdf.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja.

Nawawi. (2015). Manajemen Sumber daya Manusia. Cetakan kelima: Gajah Mada University Press Yogyakarta.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengenbangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudrajad, Ahmad. (2010). Cooperative Learning Teknik Jigsaw. Online: akhmadsudrajat.wordpress.com.

Singalingging, Ropin. (2002). Guru Penggerak dalam Paradigma Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Tata Akbar: Jawa Barat.

Suwarno, Wiji. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Triyanto, Teguh. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v5i2.19354

Article Metrics

 Abstract Views : 32 times
 PDF Downloaded : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats