PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 2 LHOKSEUMAWE

Febiola Tiara, Rani Ardessi Pratiwi, Syahriandi Syahriandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai problematika implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah 1) Problematika yang ditemukan peneliti dalam perencanaan adalah kesulitan guru dalam menyesuaikan metode pembelajaran yang beragam, kesulitan penggunaan teknologi, dan perlunya beradaptasi perencanaan pembelajaran sesuai dengan Ikm. 2) Ditemukan problematika pelaksanaan meliputi aspek pendidik yaitu keterbatasan literasi, teknologi, dan soft skill guru menjadi kendala utama penerapan kurikulum merdeka, dan peserta didik yang masih pasif. Selain itu, problematika yang dirasakan peserta didik yaitu sumber buku terbatas, banyak tugas, dan pembagian kelompok yang tidak merata, banyak kendala yang terjadi berdasarkan hasil data yang diperoleh faktor eksternal, sedangkan dari faktor internal peserta didik cenderung suka dengan materi pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan kurikulum merdeka

Keywords


Problematika, Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Ainia, D.K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), pp. 95-101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Damayanti, A. D., Jannah, A. N. dan Agustin, N. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 19 Sawangan. Prosiding Smasta. https://jurnal.umj.ac.id/index.php./Smasta/article/view/ 41-48

Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan. UIN Sumatera Utara.

Khairurrijal. dkk. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Melani, A & Gani, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities. 1(2), pp. 23-32. https://doi.org/10.5968/educaniora.vli2.28

Muliani, R. D., & Arusman. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 133-139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684

Novianti, D., & Setiawan, F. (2023). Mini Riset: Pengimplementasian Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas X SMA Negeri 1 Lendah, Kulon Progo. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(6), pp. 313-321. https://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/bersatu/article/view/484

Putri, Y. S., & Arsanti, M. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Pemulihan Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, Vol, 4 No.1. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/%0A

Republik Indonesia. Undang-Undang RI Nomor 20. Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Samiha, T. Y., Zakiyah, N. A., Anisa, N., Riyani, R., Putri, P. S., & Juliana, A .S. (2023). Penerapan Konsep Dasar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(01), pp. 53-65.https:// indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/JIMR/article/view/634

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v5i2.19352

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats