GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK SMPS BETANIA MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan dampak dari kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat baca peserta didik SMPS Betania Medan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru literasi, guru Bahasa Indonesia, dan perwakilan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode obseravasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan reduksi kata, representasi data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan beberapa hasil. Pertama, penelitian ini menemukan bahwa kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang diterapkan di SMPS Betania Medan meliputi; membaca buku 15 menit dan membuat mading sekolah. Kedua, dampak Gerakan Literasi Sekolah (GLS) meliputi; menumbuhkan minat baca dan menambah wawasan peserta didik.
Kata kunci: literasi, gerakan literasi sekolah, minat baca.
ABSTRACT
The purpose of this research is to find out how the School Literacy Movement activities and the impact of the School Literacy Movement activities in increasing students' interest in reading at SMPS Betania Medan. This type of research is descriptive qualitative which uses a qualitative approach. The informants for this research were the school principal, literacy teacher, Indonesian language teacher, and student representatives. Data collection techniques use observation, interview and documentation methods. As well as data analysis techniques using word reduction, data representation, and drawing conclusions. This research provides several results. First, this research found that the School Literacy Movement activities implemented at Betania Middle School, Medan included; read a book for 15 minutes and make a school magazine. Second, the impact of the School Literacy Movement includes; foster interest in reading and broaden students' insight.
Key woards: Literacy, School Literacy Movement, Interest in Reading
Full Text:
PDFReferences
Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas Indah. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 16(1), 24–25.
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Gerakan Literasi Nasional, 1–27.
Khotimah,Sa‟dun akbar, C. S., & Muhammad Sulhan. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Tingkat Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(2), 261–273. https://doi.orgs/10.46244/visipena.v9i2.458
Lamis, L., Sutra, E. ., Kania Atmaja, L. ., & Rustinar, E. . (2022). Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V Program Kampus Mengajar Angkatan III di SD Negeri 118 Bengkulu Utara Menggunakan Metode Membaca Nyaring (Reading Aloud). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(5), 299–310.
Maharani, dkk. (2017). Minat Baca Anak-Anak di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 3(1), 320–328.
Monica, R., Wawan, K., & Nurachmana, A. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. 1(1).
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405
Wirastsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Wendri Wiratsiwi Info Artikel Abstrak. 10
DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v5i1.16241
Article Metrics
Abstract Views : 60 timesPDF Downloaded : 24 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats