DAMPAK PENGGUNAAN WATTPAD TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA SMA NEGERI 1 DEWANTARA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi membaca siswa melalui dampak penggunaan Wattpad. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Dewantara yang berjumlah 208 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi membaca siswa melalui dampak penggunaan Wattpad secara per indikator, yakni kognitif dengan persentase (83,33%) dalam kategori dampak yang sangat tinggi, diversi dengan persentase (27,78%) dalam kategori dampak yang rendah, dan identitas personal dengan persentase (83,33%) dalam kategori dampak yang sangat tinggi. Secara keseluruhan, penggunaan Wattpad memiliki dampak positif terhadap kemampuan literasi membaca siswa SMA Negeri 1 Dewantara. Persentase rata-rata sebesar 64,81% dalam kategori tinggi yang menunjukkan bahwa penggunaan Wattpad dapat membantu siswa memperluas wawasan literasi, mengembangkan identitas personal, dan memperkaya pemahaman siswa tentang sastra.
Kata kunci: dampak, penggunaan Wattpad, literasi membaca
ABSTRACT
This research aims to determine the level of reading literacy skills among students through the impact of using Wattpad. The research method used is qualitative with a descriptive approach. The population in this study consists of 208 students from grade XI at SMA Negeri 1 Dewantara. The sampling technique was done using purposive sampling, with a sample size of 30 students. Data collection was done using questionnaires, interviews, and documentation. The results of the study show that the level of reading literacy skills among students through the impact of using Wattpad, categorized by indicators, are as follows: cognitive impact with a percentage of 83.33% in the category of very high impact, diversion with a percentage of 27.78% in the category of low impact, and personal identity with a percentage of 83.33% in the category of very high impact. Overall, the use of Wattpad has a positive impact on the reading literacy skills of students at SMA Negeri 1 Dewantara. The average percentage is 64.81% in the high category, indicating that the use of Wattpad can help students expand their literacy knowledge, develop personal identity, and enrich their understanding of literature.
Keywords: keyword 1, keyword 2, keyword 3, keyword 4, maximal 5 keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2013). Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: CV. Angkasa.
Ananda, I. C., & Rakhmawati, A. (2022). Pembelajaran Sastra Populer Sebagai Peningkatan Literasi Digital Dengan Penggunaan Media Aplikasi Wattpad : Studi Kasus. Research Education And Technology (REGY), 1(1), 36–45.
Anshori, D. S, & Vismaia S. Damaianti. (2021). Literasi dan Pendidikan Literasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Chairunnisa, C. (2018). PENGARUH LITERASI MEMBACA DENGAN PEMAHAMAN BACAAN (Penelitian Survei pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta). Jurnal Tuturan, 6(1), 745. (https://doi.org/10.33603/jt.v6i1.1584) diakses tanggal 11 Desember 2022.
Damayanti, I. P., Santoso, B., & Herlina, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wattpad Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Pemustaka Upt Perpustakaan Uin Raden Fatah Palembang. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 23(2), 141–152.
Kusmayanti, D. (2021). Penggunaan Aplikasi Wattpad Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Menulis Prosa Narasi Pada Mahasiswa Semester 2 PBSI Universitas Mandiri Subang. Jurnal Ilmiah Pendiidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(Vol. 2 No. 2 (2021): VOLUME II NOMOR 2, NOVEMBER 2021), 2. (https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/aksentuasi/article/view/208) diakses tanggal 12 Agustus 2022.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v4i2.13448
Article Metrics
Abstract Views : 337 timesPDF Downloaded : 218 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats