PERBANDINGAN PENGGUNAAN WORDWALL DENGAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL MENULIS RESENSI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BIREUEN

Iklima Iklima, Iba Harliyana, Ririn Rahayu

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil tes resensi siswa yang menggunakan media pembelajaran Wordwall dengan Quizizz di kelas XI SMA Negeri 1 Bireuen. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Bireuen. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu teknik Purposive Sampel, kelas XI IPA A sebagai kelas Eksperimen I sebanyak 34 siswa dan XI IPA B sebagai kelas eksperimen II sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang ada pada penelitian ini menggunakan soal post test dan dinilai menurut tabel penskoran. Eksperimen kelas I dan II diuji menggunakan uji hipotesis yaitu uji-t dan menunjukkan hasil sebesar 0,787 ˃ 0,05, maka H0 diterima. Hal ini dibuktikan juga dari nilai daerah penolakan yang didapati yaitu thitung ˂ dari ttabel yakni 0, 274 ˂ 1. 99714. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil tes antara penggunaan media Wordwall dengan Quizizz.

Kata Kunci: Resensi, Wordwall, Quizizz

ABSTRACT

This study aims to determine the difference between the results of student review tests using Wordwall learning media with Quizizz in class XI of SMA Negeri 1 Bireuen. This research is a comparative research with a quantitative approach. The population in this study was grade XI students of SMAN 1 Bireuen. The sampling technique is the Purposive Sample technique, class XI Science A as Experimental class I as many as 34 students and XI Science B as experimental class II as many as 33 students. The data collection technique in this study used post test questions and was assessed according to the scoring table. Class I and II experiments were tested using a hypothesis test, namely the t-test and showed a result of 0.787 ˃ 0.05, then H0 was accepted. This is also evidenced by the value of the rejection area found, namely tcount ˂ from ttable, which is 0.274 ˂ 1. 99714. So it can be concluded that there is no difference in test results between the use of Wordwall media and Quizizz.

Keywords: Review, Wordwall, Quizizz


Full Text:

PDF

References


Anggraini, Eka Novia. 2022. “Keefektifan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Prodi MPI 4(1):33–46.

Arwansyah, Yanuar, Nina Putri, Ryan Hidayat, and Khusnul Khotimah. 2022. “Evaluasi Pemanfaatan Aplikasi Game Dalam Ujian Bahasa Indonesia ( Studi Kasus Di SMAN 1 Polanharjo Klaten ).” Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 5:653–64.

Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Anak. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eko, Richardus and Indrajit. 2014. Peranan Teknologi Informasi Pada Perguruan Tinggi. Graha Ilmu.

Frisila, Milinia. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa SD Kanisius Kadirojo Yogyakarta Kelas IV Materi KPK Dan FPB.” Sanata Dharma.

Ilyas, M. Ismail. 2020. Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Makassar: Cendekia Publisher.

Indra, Khofifah Sukma and Trisni Handayani. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar IPA” Cakrawala Pendas 8(4):1020–28.

Launin, Shofiya, Wahyu Nugroho, and Angga Setiawan. 2022. “Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1(3).

Murahmanita, Sayni Nasrah, and Trisfayani. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Resensi Siswa Kelas XI SMKS Ulumuddin Lhokseumawe.” Jurnal Kande 1(1): .

Oktaviana, Diana, Piska Eka, and Purwati Zisca. 2022. “Analisis Kebutuhan Gamifikasi Berbasis Android Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.” 4(1):116–21.

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suwarto. 2021. “Menggunakan Quizizz Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Using Quizizz to Improve Indonesian Learning Achievement.” Jurnal Pendidikan 30(3):499–514.

Syahrin, Alfi and Amru bin As. 2020. “Pengaruh Penggunaan Audio Visual dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Di SMA Negeri 3 Takengon.” Kande 1(1).

Wati, Atur Nambela. 2022. “Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz Dengan Media Pembelajaran Open The Box Berbasis Wordwall Pada Materi IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V.”

Yanti, Mauliza, Sayni Nasrah, and Rani Ardesi Pratiwi. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas VIII SMPS Raudhatul Fuqara’.” Jurnal Kande 2(1):120.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v4i2.13446

Article Metrics

 Abstract Views : 350 times
 PDF Downloaded : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats