STRATEGI KOMUNIKASI PEMBANGUNAN PERUSAHAAN DAERAH PASAR DALAM MEMPERTAHANKAN PASAR TRADISIONAL SUKARAMAI KOTA MEDAN

Mhd Rizki Ramadhana, Fitri Dwi

Abstract


Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pembangunan Perusahaan Daerah Pasar Dalam Mempertahankan Pasar Tradisional Sukaramai Kota Medan”. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pembangunan pihak Perusahaan Daerah (PD) Pasar Tradisional Sukaramai Kota Medan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam peneltian ini adalah pendekatan kualitatif serta dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori difusi inovasi. Adapun yang menjadi hasil peneltian ini adalah: Strategi Komunikasi Pembangunan yang dilakukan pihak Perusahaan Daerah (PD) Pasar dapat lebih membangun pasar sukaramai dan mempertahankan pasar sukaramai, terbukti dengan adanya strategi komunikasi pembangunan pasar dapat lebih terjaga dalam konteks struktur bangunan pasar lebih terawat, kebersihan pasar agar tidak terlihat kumuh, keamanan pasar dan ketertiban pasar agar terlihat tertib, upaya Pd Pasar Sukaramai dalam mempertahankan dan membangun pasar dapat dijalankan dengan baik dan pasar sukaramai kedepan menjadi lebih baik lagi .

 


Keywords


Strategi Komunikasi, Komunikasi Pembangunan, Pasar Tradisional, Teori Difusi Inovasi, Perusahaan daerah (PD), Pasar Sukaramai

References


Adrisijanti, I. (2000). Arkeologi Perkotaan Mataram Islam. Yogyakarta: Penerbit Jendela.

Arni, Muhammad. (2011). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara

Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, Siti Karnilah. 2004. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Dilla, Sumadi. 2010. Komunikasi Pembangunan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana. 2015. Ilmu, Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditia Bakti.

H. Rochajat Harun & Elvinaro Ardianto. KOMUNIKASI PEMBANGUNAN & PERUBAHAN SOSIAL Perspektif Dominan Kajian Ulang dan Teori Kritis Cetakan kedua. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Raja Gafindo Persada: Jakarta.

Nasution, Zulkarimen. 2007. Komunikasi Pembangunan Pengenalan Teori dan Penerapannya, Jakarta: PT Rajgrafindo Persada

Malano, Herman. 2011. Selamatkan Pasar Tradisional Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umana.

Peraturan Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007. TENTANG PEDOMAN TEKNIS PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH. Jakarta: Menderi Dalam Negeri Republik Indonesia.

Santoso, J. (2008). Arsitektur-Kota Jawa, Kosmos, Kultur dan Kuasa. Jakarta: Centropolis Press.

Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu

Schiffman, L dan Kanuk, L. 2010. Comsumer Behavior. Tenth Edition. Global Edition, USA: Prentice-Hall Inc

Toni, A. (2014, Maret 1). Eksistensi Pasar Tradisional Dalam Menghadapi Pasar Modern Di Era Modernisasi.




DOI: https://doi.org/10.29103/jj.v11i1.6640

Article Metrics

 Abstract Views : 569 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License