EFEKTIVITAS KOMUNIKASI SEKRETARIS DALAM MEMBANTU PIMPINAN DI PT. PLN RAYON MEDAN BARU
Abstract
Penelitian yang berjudul Efektivitas Komunikasi Sekretaris Dalam Membantu Pimpinan Di PT. PLN Rayon Medan Baru, bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas komunikasi yang dilakukan sekretaris dalam membantu pimpinan. Komunikasi sangat dibutuhkan untuk menjalin kerjasama antar manusia dalam sebuah perusahaan dan sangat berpengaruh dalam proses mencapai tujuan. Metode yang digunakan merupakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan penulis adalah metode analisis data non statistic, yang tidak menggunakan rumus-rumus statistik untuk menganalisa data dimana data ini hanya dengan mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana mestinya. Hasil dari penelitian ini adalah peran sekretaris dalam membantu pimpinan adalah sebagai penghubung dalam menyampaikan segala informasi yang diberikan oleh pimpinan baik berupa arahan, maupun pemberitahuan mengenai tugas dan tanggungjawab kepada seluruh karyawan pada PT. PLN Rayon Medan Baru. Komunikasi antara pimpinan dan sekretaris dapat berjalan dengan baik dengan memperhatikan beberapa unsur, diantaranya adalah kejelasan informasi, keseimbangan informasi serta pelaksanaan dan keseragaman dalam penggunaan istilah-istilah.
Keywords
References
Abizar. 2008. Komunitas Organisasi. Padang : IKIP Padang. Arwani. 2002. Komunikasi dalam Keperawatan. Jakarta
Durotul Yatimah. (2009). Kesekretarisan Modern dan Administrasi Perkantoran.
Bandung: Pustaka Setia.
Dwilestari, 2012. Penelitian Kualitatif Paud, Jakarta, PT.Raja Grafindo Persada.
Gie. 2007. Administrasi Perkantoran Modern, Edisi Keempat Cetakan. Kedelapan. Yogyakarta
Kriyantono Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Terjemahan Riyadhus Shalihin Jilid I. Jakarta: Pustaka.
Lamtia Mita. (2015). Peranan Sekretaris Dalam Mendukung Pimpinan Terhadap Karyawan Di PT PLN (Persero) Rayon Medan baru. Politeknik Unggul LP3M. Medan. Tugas akhir
Rosidah dan Ambar Teguh Sulistyani. (2005). Menjadi Sekretaris Profesional dan Kantor Yang Efektif. Yogyakarta: Gava Media.
Sari Nobriyanti Purnama. (2007). Identifikasi Gaya Komunikasi Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Bidang Afiliasi PPPTMGB LEMIGAS Jakarta. Universitas Mercu Buana. Jakarta. Skripsi
Sugiono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif, PT. Alfabeta, Bandung.
T. Sulistiyani dan Rosidah. 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta
Winardi. 2011.Kepemimpinan dalam Manajemen, PT. Rineka Cipta. Jakarta
DOI: https://doi.org/10.29103/jj.v11i1.6639
Article Metrics
Abstract Views : 650 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Jurnalisme
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License