Strategi Komunikasi King Fried Chicken dalam Meningkatkan Citra Brand (Studi di Store Pusat King Fried Chicken Banda Aceh)

Agil Mawarni, Muhammad Ali, Masriadi Masriadi, Cindenia Puspasari, Awaludin Arifin

Abstract


Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi King Fried Chicken dalam Meningkatkan Citra Brand”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya bermunculan rumah makan cepat saji yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk itu peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi King Fried Chicken dalam meningkatkan citra brandnya di tengah persaingannya dengan brand lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh store pusat King Fried Chicken, Lampineung, Banda Aceh. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep strategi Brand Communication. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini melalui teknik purposive sampling yang terdiri dari seorang informan kunci, seorang informan utama dan 3 orang informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa King Fried Chicken menggunakan Strategi Brand Communication yang terdiri dari Brand Visualization, Brand Activation: Direct Marketing Activation, Social Media Activation, Promotion Activation, Marketing Events Activation, Sponsorship Activation untuk meningkatkan citra brandnya yang terbukti efektif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan saran bagi restoran fastfood dan pihak-pihak terkait untuk memahami pentingnya menjaga dan meningkatkan citra yang kuar dan membedakan brand di tengah persaingan industri makanan cepat saji di Indonesia.


Keywords


Citra, brand, Strategi Komunikasi, King Fried Chicken

References


Adinda, P., Aninda P, N., Yohan, B. (2022). Strategi Komunikasi Media Sosial dalam Meningkatkan Citra Merek. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vol.2 No. 112.

American Marketing Association (AMA). (n.d.). Marketing Management. New York: The Press.

Dewi Setiawati, S., Retnasari, M., & Fitriawati, D. (2019). Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.2 No., 127.

Dlomah Arifatul Mua. (2020). Analisis Konsep Brand Identity Batik Panoragan Sebagai Salah Satu Identitas Kabupaten Ponorogo. Global Health, 167(1), 1–5. https://www.e-ir.info/2018/01/14/securitisation-theory-an-introduction/

Carissa, E., Suranto. (2022). Strategu Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image di Syafa'at Marcomm Agency. Jurnal Ilmu Komunikasi Fisip UNY.

Fitriatul Aini Saragih. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Kentucky Fried Chicken (KFC) Pematangsiantar dalam Upaya Menaikkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. UIN Sumatera Utara.

Fitrya, M. W., (2019). Strategi Brand Communication dalam Membangun Brand Image "Bawangkita". Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Hamzah, R. E., Manogari, R. R., & Sabrina, R. P. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Kaman dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi.

Hikmah, N., (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Suzuya Mall Bireuen dalam Memasarkan Brand. Skripsi. Universitas Malikussaleh.

Rangkuti, F. (2006). Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ratri, Eka. L. (2007). Hubungan Antara Citra Merek (Brand Image) Operator Seluler dengan Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Mahasiswa Pengguna Telepon Seluler di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Rhenald, K. (2005). Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasiannya di Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Taufik, M., Masriadi, & Muhammad, A. (2021). Komunikasi Pedagang Pasar Tradisional (Pekan) di Keude Buloh Blang Ara Kecamatan Kuta Makmur. Jurnalisme, 10, 80–81.

Wiratmoko, F. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Kentucky Fried Chicken (KFC) Kakialy dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen.

Yusuf, F. (2016). Optimalisasi Program Branding dan Aktivasi Merek di Era Digital. Jurnal Komunikasi. Universitas Bina Sarana Informatika.


Article Metrics

 Abstract Views : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License