Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Bergabung Anggota Komunitas Bisnis Anak Muda

Dwi Fitri, Nur Fadillah, Muhammad Fazil, Muhammad Ali

Abstract


Penelitian ini melatar belakangi tentang digital marketing atau pemasaran online yang menjadi pilihan anggota komunitas bisnis anak muda Kota Panton Labu dalam mempromosikan bisnisnya terhadap minat bergabung calon anggota baru. Dikarenakan digital marketing memiliki banyak keunggulan seperti bisa mencapai target yang lebih besar, meningkatkan angka minat bergabung dan menghemat biaya serta masih banyak keunggulan dan fitur-fitur lainnya yang dapat memberikan program-program menarik lainnya yang terdapat dalam pemasaran online atau digital marketing. penelitian ini menggunakan teori S-O-R dan teori ini mempunyai perubahan behavorial yang mana pengaruh ini berhubungan dengan perilaku nyata yang meliputi sikap yang diperoleh sehingga mengakibatkan orang mengambil keputusan untuk melakukan sesuatu. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif yang mana merupakan metode yang memiliki data penelitian berupa angka-angka dan analisnya menggunakan data statistik . penelitian ini juga menggunakan metode survey yaitu penelitian yang menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Tujuannya adalah untuk memperoleh informasi tentang sejumlah responden yang dianggap mewakili populasi. Dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan terdapat adanya pengaruh yang positif dan signifikan. Melalui  penelitian ini, peneliti menyarankan kepada peneliti lainnya  yang ingin meneliti kembali mengenai judul ini dengan variabel yang berbeda. Tentunya dengan populasi dan sampel yang lebih luas, agar mendapatkan hasil  penelitian yang lebih komprehensif.


Keywords


Digital Marketing, Minat Bergabung dan Komunitas Bisnis Anak Muda.

References


Abidin, Andi Rahmat, And Mustika Abidin. 2021. “Urgensi Komunikasi Model Stimulus Organism Response (S-O-R) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Pendidikan Agama Islam 6:74-90.

D Fitri, A Anismar, And M Fazil. 2021. “Smartphone Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fisip 2018)”. Jurnal Jurnalisme.

Frengki. 2022. “Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Jumah Wisatawan (Studi Pada Bira Beach Kabupaten Bulukumba)”. Skripsi Univeristas Muhammadiyah Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id.

Nurwana. 2021. “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Tanaman Hias Di Kota Makassar (Studi Kasus Pada Algren Indonesia)”. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar.

Prof. Dr. Mar’at Effendy, 2022. “Sikap Manusia, Perubahan Serta Pengukurannya”. Acta Diurna IV. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id

Rachmadi, Tri. 2020. The Power Of Digital Marketing. Tiga e-book

Rizal, Veby Zilfania, And Evawani Elysa Lubis. 2014. “Sosial Media Marketing Twitter Dan Brand Image Restoran Burger.” Ilmu Komunikasi 5:1-118.

S Khoziyah. 2021. “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram (@Kpopconnection)”. Skripsi Universitas Riau. https://repository.uin-suska.ac.id.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Uchjana, Onong. 2016. Ilmu Teori Dan Filsafat Komuikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti. Https://Openlibrary.Telkomuniversity.Ac.Id.


Article Metrics

 Abstract Views : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License