STRATEGI PERGESERAN DOMINASI OJEK ONLINE LOKAL TERHADAP OJEK ONLINE NASIONAL
Abstract
Domino Island Online Gambling Game is a fee-based game and local online motorcycle taxis are transportation that compete with national online motorcycle taxis such as Grab and Gojek. Local online motorbike taxis are able to dominate the Banda Aceh area by carrying out various strategies so that they can become the number one local online motorcycle taxi in Aceh Province in particular. This research examines the strategy of shifting the dominance of local online motorcycle taxis to national online motorcycle taxis. With a focus on the causes of the domination of local online motorcycle taxis to national online motorcycle taxis and the forms of service provided by local online motorcycle taxi drivers to national online motorcycle taxi drivers. This study uses Michael Faucalt's Power Relations Theory. The results of this study indicate that the domination of local online motorcycle taxis over national online motorcycle taxis is the strategy of distributing brochures, cooperation with MSMEs, Social Media and print media and utilizing community relations in order to become an advanced local online motorcycle taxi. While the form of service provided is safety and comfort as well as lots of discounts given by local online motorcycle taxis
Game Judi Online Domino Island merupakan game yang berbasis bayaran dan Ojek online lokal merupakan transportasi yang bersaing dengan ojek online nasional seperti Grab dan Gojek. Ojek online lokal mampu menguasai wilayah Banda Aceh dengan melakukan berbagai strategi agar bisa menjadi ojek online lokal nomor satu di Provinsi Aceh khususnya. Penelitian ini mengkaji strategi pergeseran dominasi ojek online lokal terhadap ojek online Nasional. Dengan fokus penyebab terjadinya dominasi ojek online lokal terhadap ojek online Nasional dan bentuk pelayanan yang di berikan ojek online lokal terhadap ojek online Nasional. Penelitian ini menggunakan Teori Relasi kuasa Michael Faucalt. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya dominasi ojek online lokal terhadap ojek online Nasional adalah adanya strategi penyebaran brosur, kerja sama UMKM, Media Sosual dan media cetak serta memanfaatkan relasi komunitas guna bisa menjadi ojek online lokal yang maju. Sedangkan bentuk pelayanan yang diberikan adalah keamanan dan kenyamanan serta banyak diskon yag diberikan ojek online lokal
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminah, Siti. 2018 Transportasi Publik dan Aksebilitas Masyarakat Perkotaan. Jurnal Teknik Sipil, Universitas Airlangga. Vol 9 Nomor 1 2018 hal 1-19
Amajina, Fania darma 2016. Kreatifitas Digital tentang ojek onine “Gojek”. Jurnal Informasi Kajian Ilmu Komunikasi. Departemen Sosiologi Universitas Indonesia Volume 46 No1 15 Hal 1-2
Arum Wahyuni purboastuti, 2018. Faktor Penyebab Beralihnya konsumen ojek pangkalan menuju ojek online. Jurnal Tirtayasa Ekonomika, Universitas sultan Ageng Tirtayasa Vol 13. No 1 Hal 1-14
Abbas Salim, 2002. Manajemen Transportasi Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Elly M. Setiadi dan Usman Kolip, 2011. Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dian Triyani Triyani, Lulus Prapti, Aprih Santoso. 2007. Motivasi pekerja oJek Konvensional Dalam Persaingan Bisnis Transportasi Ojek Online ( Studi pada jasa ojek pangkalan di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang). Jurnal Dinamika Sosial Budaya Universitas Semarang Vol 26 Nomor 3 Hal 221-229
Hafids, Wardah. 2001. Abang Becak, Sekejam-kejamnya Ibu Tiri Masih Lebih Kejam
Ibu Kota. Jakarta : Efatta
Hendar Putranto, 2005. Teori-Teori Kebudayaan Yogyakarta: Kanisius
Indrayani Damsar. 2009. Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta : Kencana
Ibrahim Rahman, Hilmi 2011. Pertumbuhan Ekonomi, Kesenjangan Sosial dan Kemiskinan Di Indonesia Ditinjau dari Ekonomi Politik Pembangunan. Jurnal Ilmu dan Budaya, Fisip Universitas Nasional Vol 40 Nomor 5 Hal 6305-6325.
Juliansyah, Eris. 2017. Strategi Pengembangan Sumber Daya perusahaan dalam Meningkatkan kinerja PDAM Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ekonomak, Sekolah Tinnggi ilmu Ekonomi PGRI Sukabumi. Volume. 3 No 2, Agustus Hal 1-16
Khozin, Abdulllah, 2012. Konsep Kekuasaan Michael Faucalt, Jurnal tasawuf dan pemikiran islam, Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Ampel. Vol 2 Nomo1 hal 3-11
Kiki Setiorini, 2018 Persaingan Ojek Online dan Ojek Konvensional di Stasiun Lempuyangan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Yogyakarta Vol 3 Nomor 1 hal 29-35
Kamahi, Umar 2017. Teori kekuasaan Michael Foucalt: Tantangan bagi Sosiologi Politik. Jurnal Al-Khitabah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Vol. III No.1 Hal 117-133
Ma’ruf amar, 2013. Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada bisnis jasa transportasi. Jakarta : Raja Grafindo
Loekman Soetrisno. 1995 . Menuju Masyarakat Partisipatif Yogyakarta; Kanisius.
Martono Nanang. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Nanang Martono, 2014. Sosiologi Perubahan Sosial Perspektif klasik, Modern, Posmodern dan poskolonial Jakarta: Raja Grafindo Persada hlm. 81. 11
Susantono Bambang. 2009, Jangan Hanya Bisa Mengeluh Macet: 1001 Wajah Transportasi Kita + Tips Praktis Nyaman dan Aman di Jalan. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
Suyanto, Bagong dan Sutinah (Ed). 2005. Metode Penelitian Sosial: Berbagai
Altern atif Pendekatan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Suyanto Bagong. 2013. Sosiologi Ekonomi. Jakarta : Kencana
Setiawan Indra, 2020. Analissi dampak transportasi ojek online terhadap pangkalan ojek konvensional diterminal lama wnogiri. Jurnal Studi islam dan Sosial VOL 1, Nomor 1 Juni hal 13-32
Setiawan, Farhan, (2021). Strategi Tukang Becak Dalam Mempertahankan Pekerjaan Pasca Munculnya Transportasi Ojek Online, Jurnal Sosiologi Dialektika Sosiologi (1); Hal 1-8
Sulhandi dengan judul, 2013. Becak Banting Harga.Studi kasus wisata becak di kawasan maliobolo Yogyakarta. Jurnal Administrasi Publik.Vol 11 No 2 hal 1-24
Soyomukti, Nurani. 2012;. Konsep Manusia Menurut Islam. Jurnal Bimbingan Penyeruhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar. Volume 4. No 2, November
Rochamawati, 2016. Perilaku Komunikasi Tukang Ojek Konensional Dalam Mengantisipasi Kehadiran Ojek Online di Surabaya Jurnal Uin Sunan Ambel Surabaya Vol 4 Nomor 6 hal 1-17
DOI: https://doi.org/10.29103/jspm.v3i2.9571
Article Metrics
Abstract Views : 298 timesPDF Downloaded : 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Farhan Farhan, Saifuddin Saifuddin, Abidin Nurdin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
Redaksi Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM): Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jspm@unimal.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License