EVALUATION OF THE TEACHING AND LEARNING PROCESS DURING THE COVID-19 PANDEMIC (CASE STUDY AT SD NEGERI 111 PEKANBARU)

Eka Putri Zulyani, Febri Yuliani

Abstract


Evaluation is a very important part of the learning process. Evaluation is a process carried out to obtain information about success, effectiveness in the learning process. The purpose of this study is to find out how the teaching and learning process at SD Negeri 111 Pekanbaru during the Covid-19 pandemic. The transition of changes in the teaching and learning process carried out online (in the network) to face-to-face is limited to the main reason researchers see how the success and impact of the policy is realized. The implementation of this limited face-to-face learning process is an alternative step taken by the government in responding to the ineffective implementation of the online learning process, especially in the field of basic education. This research is descriptive with a case study approach and the necessary data is primary and secondary data derived from observations, interviews, documentation analyzed by researchers so as to get accurate and clear data about the evaluation of the teaching and learning process during the Covid-19 pandemic. The results of this study show that this limited face-to-face teaching and learning process is better than the teaching and learning process carried out online which is measured from input indicators (resources, infrastructure), processes, outputs (results), and outcomes (impact).

Evaluasi merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Evaluasi merupakan proses yang dilakukan untuk memperoleh informasi tentang keberhasilan, efektivitas dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses belajar mengajar di SD Negeri 111 Pekanbaru selama pandemi covid 19. Adanya transisi perubahan proses belajar mengajar yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) ke tatap muka terbatas menjadi alasan utama peneliti melihat bagaimana keberhasilan dan dampak dari kebijakan tersebut terwujud. Penyelenggaraan proses belajar tatap muka terbatas ini merupakan langkah alternatif yang diambil pemerintah dalam menanggapi tidak efektifnya pelaksanaan proses pembelajaran daring terkhususnya pada jejang pendidikan dasar. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus serta data yang diperlukan ialah data primer dan sekunder yang berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi yang dianalisis oleh peneliti sehingga mendapatkan data yang akurat dan jelas mengenai evaluasi proses belajar mengajar di masa pandemi covid-19. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses belajar mengajar secara tatap muka terbatas ini lebih baik dibandingkan dengan proses belajar mengajar yang dilakukan secara daring yang di ukur dari indikator input (sumber daya, infrastruktur), proses, output (hasil), dan outcome (dampak).


Keywords


Evaluation, Teaching and Learning Process, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Badjuri, Abdulkahar & Yuwono, Teguh. 2002. Kebijakan Publik Konsep dan Strategi. Undip Press. Semarang.

Bridgman, J & Davis G. 2000. Australian Policy Handbook, Allen & Unwin, NSW

Dunn, William N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Edisi kedua. Gajah Mada University Press. Jogjakarta

Nugroho, D. Riant. 2003. Kebijakan Publik : Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta : PT. Elex Media. Computindo.

Agusli, Rahmat, and Rizky Maria Azianah. 2014. “Implementasi E-Learning Berbasis Web Di SD Negeri Pasarkemis 1.” Jurnal Sisfotek Global 4(2): 61–63.

Anugrahana, Andri. 2020. “Pembelajaran Elektronik Daring Atau Dalam Ja.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10(3): 282–89.

Ibrahim, Doni Septumarsa, and Siti Partini Suardiman. 2014. “Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta.” Jurnal Prima Edukasia 2(1): 66.

Maulani, Muhammad Ruslan, Supriady Supriady, and Noviana Riza. 2021. “Implementasi E-Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Sehingga Lebih Interaktif Dan Menyenangkan.” Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan 7(1): 27–35.

Nurdin, Nurdin, and Laode Anhusadar. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD Di Tengah Pandemi Covid 19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 686.

Pamungkas, dyan eka, and Sukarman. 2020. “Transformasi Dunia Pendidikan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 6(3). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD.

Roni Hamdani, Acep, and Asep Priatna. 2020. “Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 6(1): 1–9.

Saifulloh, Ahmad Munir, and Mohammad Darwis. 2020. “Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19.” Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 3(2): 285.

Saleh, Ahmad Muzawir. 2020. “Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan 2(2): 1–5.

Sari, Widya, Andi Muhammad Rifki, and Mila Karmila. 2020. “Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19.” Jurnal MAPPESONA (1): 12.

Susanti, F, A Subowo, and A Rengga. 2015. “Evaluasi Dana Alokasi Khusus (Dak) Bidang Pendidikan Di Kabupaten Cilacap Tahun 2013.” Journal of Public Policy and https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/7705.

Surat Edaran Mendikbud RI N omor 4 tahun 2020 tentang pelaksaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran covid 19

Surat Edaran Sekjend Kementrian Pendidikan dan kebudayaan nomor 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid 19)

Keputusan bersama empat menteri : Mendikbud RI, Menteri Agama , Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri no03/KB/2021, no384 tahun 2021 , no HK.01.08/Menkes/4242/2021, No 4040-717 tahun 2021tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran dimasa pandemic covid 19




DOI: https://doi.org/10.29103/jspm.v3i2.7357

Article Metrics

 Abstract Views : 251 times
 PDF Downloaded : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eka Putri Zulyani, Febri Yuliani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

Redaksi Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM): Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jspm@unimal.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License