Pengaruh Intensitas Kebiasaan Nongkrong terhadap Pembentukan Perilaku Social Climber (Studi pada Mahasiswa Universitas Panca Marga Probolinggo)
Abstract
The culture of hanging out is currently entertaining among students. The existence of this culture affects the student's lifestyle which encourages the emergence of social climber behavior. The purpose of this study was to determine the effect of hanging out intensity on the formation of social climber behavior. This research was conducted within the scope of Panca Marga University, with a population of all students of Panca Marga University Probolinggo who will be the subject of the sample in the study with a total of 100 students from all faculties at Panca Marga University. This research is in the form of observational and survey research by observing the Intensity of Hanging Out on Social Climber Behavior and using a quantitative approach using explanatory research methods. The data analysis technique in this research is using SPSS 22 software for Windows using simple linear regression analysis. The result of this study is that the intensity of hanging out has a significant effect on the formation of social climber behavior in Panca Marga University students. The higher the intensity of hanging out, the greater the effect on the formation of social climber behavior. In this research, it was also found that the influence of the intensity of hanging out on the formation of social climber behavior is the behavior of updating status by uploading photos of food or drinks by displaying a cafe brand that is quite well known by many Panca Marga University students.
ABSTRAK
Budaya nongkrong saat ini tengah menjamur di kalangan mahasiswa. Adanya budaya ini berpengaruh terhadap gaya hidup mahasiswa yang mendorong munculnya perilaku social climber. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh intensitas nongkrong terhadap pembentukan perilaku social climber. Penelitian ini dilakukan di lingkup Universitas Panca Marga, dengan populasi seluruh mahasiswa Universitas Panca Marga Probolinggo. Subyek sampel dalam penelitian berjumlah 100 mahasiswa dari semua Fakultas di Universitas Panca Marga. Riset ini berupa penelitian observasi dan survei dengan mengobservasi intensitas nongkrong serta menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksplanatory research. Teknik analisis data pada riset ini dengan menggunakan software SPSS 22 for Windows menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa intensitas nongkrong berpengaruh signifikan terhadap pembentukan perilaku social climber pada mahasiswa Universitas Panca Marga. Semakin tinggi intensitas nongkrong maka akan semakin besar berpengaruh dalam pembentukan perilaku social climber. Di dalam riset ini juga ditemukan bahwa pengaruh dari intensitas nongkrong terhadap pembentukan perilaku social climber adalah perilaku meng-update status dengan mengunggah foto makanan atau minuman dengan menampilkan brand kafe yang cukup terkenal. Perilaku tersebut banyak dilakukan oleh mahasiswa Universitas Panca Marga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlin, A. (Ed.). (2006). Resistensi Gaya Hidup: Teori dan Realitas. Jalasutra.
Anwar, S. (2014). Agen Perubahan (Agent of Change) Oleh: Syaiful Anwar / Widyaiswara Utama. Analisis Kebijakan Publik. https://doi.org/10.1353/elh.2004.0014
Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ashcroft, B., Griffiths, G., & Tiffin, H. (2000) Post-Modernism. Dalam Rapport, N. & Overing, J. (eds). Social and Cultural Anthropology: The Key Concepts. 294-303. London & New York: Roudlegde
Bakti, I. S., Nirzalin, & Alwi (2019). Konsumerisme Menurut Perspektif Jean Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK, 13(2), 146–165.
Bakti, I. S., Anismar, & Amin, K. (2020). Pamer Kemewahan: Kajian Teori Konsumsi Thorstein Veblen. Jurnal Sosiologi USK, 14(1), 81-98.
Febriandhira, N. C., & Purnama, H. (2017). Representasi Social Climber (Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk dalam Lirik Lagu Panjat Sosial Karya Roy Ricardo). eProceedings of Management, 4(3).
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Husein, U. (2004). Metode Riset Ilmu Administrasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ketrin, K., & Naan, N. (2019). Social Climber dalam Perspektif Psikologi Barat dan Tasawuf pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Syifa Al-Qulub, 3(2), 130-141.
Kompasiana.com. (2021, Oktober 21). Perilaku Social Climber. https://www.kompasiana.com/supriyantorefra/617f668306310e3dfb0ef992/perilaku-social-climber
Lestari, W. R. (2017). Para Pencari Status (Studi tentang Perilaku Social Climber di Kalangan Mahasiswi di Jember) (Skripsi, Universitas Negeri Jember).
Monks, F. J., Knoers, A. M. P., & Hadinoto, S. R. (2014). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Noorfianna, M. (2020). Fenomena Panjat Sosial (Social Climber) pada Masyarakat Lapisan Bawah (Studi Fenomenologi pada Masyarakat Digital di Kota Malang) (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang).
Permatasari, D., Susilowati, E., & Sriyanto, A. (2017). Fenomena Sosial Climber di Kalangan Mahasiswa (Studi Fenomenologi pada Mahasiswa di Surakarta) (Skripsi, IAIN Surakarta).
Putranto, H. (2005). ‘Analisis Budaya dari Pascamodernisme dan Pascamodernitas’ dalam Sutrisno, M. & Putranto, H. (eds). Teori-Teori Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius, 229-256
Rachel, R., & Rangkuty, R. P. (2020). Konsumerisme dan Gaya Hidup Perempuan di Ruang Sosial: Analisis Budaya Pembedaan Diri di Lingkungan FISIP Unimal. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 1(1), 97-113.
Pasundanekspres.co (2019, November 14). Budaya Social Climber di Kalangan Mahasiswa. Pasundan Ekspres. https://www.pasundanekspres.co/opini/budaya-social-climber-di-kalangan-mahasiswa/
Riduwan (2013). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Suroto, S. (2016). Dinamika kegiatan Organisasi Kemahasiswaan Berbasis Kearifan Lokal dalam upaya Memperkuat Karakter Unggul Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 1040-1046.
Wood, J. T. (2006). Communication Mosaics: An Introduction to the Communication. USA: Thomson Wadsworth.
DOI: https://doi.org/10.29103/jspm.v2i2.5668
Article Metrics
Abstract Views : 706 timesPDF Downloaded : 45 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Husni Mubaroq, Riza Aisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
Redaksi Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM): Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jspm@unimal.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License