POLA PARENTING DAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 6 KABUPATEN BIREUEN
Abstract
This study describes the implementation of the parenting program and looks at the changes in the character of students after the implementation of the parenting program at SD Negeri 6 Bireuen. Researchers used a qualitative approach with data collection techniques including interviews, observation, and documentation. Research informants consisted of school officials, teachers, parents, school committees, and students. The results showed that the parenting program implemented at SD Negeri 6 Bireuen was running well by involving a socialization scheme, namely externalization, objectivation, and internalization of values and norms in the context of building student character. Changes in children's character are marked by changes in their daily attitudes that have become a habit. The values of character education that have been successfully implemented include religious values, discipline, responsibility, love for the environment, and honesty.
ABSTRAK
Penelitian ini menggambarkan pelaksanaan pola parenting dan melihat sejauh mana perubahan karakter siswa setelah penerapan program parenting di SD Negeri 6 Kabupaten Bireuen. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri atas pejabat sekolah, guru, orang tua, komite sekolah, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program parenting yang dilaksanakan di SD Negeri 6 Bireuen berjalan baik dengan melibatkan skema sosialisasi yaitu eksternalisasi, obyektivasi, dan internalisasi nilai dan norma dalam rangka pembentukan karakter siswa. Perubahan karakter pada anak ditandai dengan perubahan sikap sehari-hari yang mulai menjadi suatu kebiasaan. Adapun nilai pendidikan karakter yang berhasil diterapkan diantaranya nilai religius, disiplin, tanggung jawab, cinta lingkungan, dan kejujuran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Berger, P. L. & Luckmann, T. (1990). Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan. LP3ES.
Bidasari, S. (2019). Parenting: Metode Pembentukan Karakter Islam pada Anak Usia Dini di Kota Palangka Raya (Studi Kasus 3 Keluarga Islam). Jurnal Sosiologi, 2(1), 13-24
Dharma, F.A. (2018). Konstruksi Realitas Sosial: Pemikiran Peter L. Berger tentang Kenyataan Sosial. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 1-9.
Ganevi, N. (2013). Pelaksanaan Program Parenting bagi Orangtua dalam Menumbuhkan Perilaku Keluarga Ramah Anak (Studi Deskriptif di Pendidikan Anak Usia Dini Al-Ikhlas Kota Bandung). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 1-11.
Harold, R. (2016). Agama dan Pembentukan Realitas dalam Pandangan Peter Ludwig Berger. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 5(1), 139-159.
Hasbullah (2003). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada.
Hatimah, I. (2016). Keterlibatan Keluarga dalam Kegiatan di Sekolah dalam Perspektif Kemitraan. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 290-297.
Hayati, F. & Mamat, N. (2014). Pengasuhan dan Peran Orang Tua (Parenting) serta Pengaruhnya terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Banda Aceh, Indonesia. Jurnal Buah Hati, 1(1), 16-30.
Helmawati (2016). Pendidikan Keluarga. PT. Remaja Rosdakarya.
Herabudin (2015). Pengantar Sosiologi. CV Pustaka Setia.
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Prenada Media Group.
Jamilah (2019). Kemitraan Pendidikan Anak Usia Dini (Sinergi Tiga Pilar Pendidikan: Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat). Simulacra, 2(2), 181-194.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai dalam Mata Pelajaran. Familia.
Narwoko, J. D. & Suyanto, B. (2007). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Kencana.
Ngangi, C. R. (2011). Konstruksi Sosial dalam Realitas Sosial. ASE, 7(2), 1-4.
Ningsih, F. D., Nasirun, M., & Yulidesni. (2018). Pelaksanaan Program Parenting di Lembaga PAUD Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 44-49.
Roesminingsih (2010). Pengantar Ilmu Pendidikan. Bintang.
Sa’adah, U. (2018). Interaksi Tiga Pilar Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Nonformal, 13(1), 21-33.
Samad, S. A. A. (2015). Pengaruh Agama dalam Tradisi Mendidik Anak di Aceh: Telaah terhadap Masa Sebelum dan Pasca Kelahiran. Jurnal Gender Equality, 1(1), 111-123.
Setiadi, E. M. & Kolip, U. (2011). Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya. Kencana.
Sugiyono (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suhada, I. (2016). Ilmu Sosial Dasar. PT Remaja Rosdakarya.
Sulaiman, A. (2016). Memahami Teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger. Jurnal Society, 6(1), 1522.
Sunarto, K. (2004). Pengantar Sosiologi (Edisi Revisi). Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Wulandary, D. & Herlisa (2017). “Parent Involvement in Schooling Processes: A Case Study in an Aceh School”. Tesis. Faculty of Education University of Tamper, Finlandia.
Zubaidi (2011). Desain Pendidikan Karakter. Kencana Prenada Media.
DOI: https://doi.org/10.29103/jspm.v1i1.3021
Article Metrics
Abstract Views : 1186 timesPDF Downloaded : 24 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Zuraida Adam, Suadi Suadi, Abidin Nurdin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
Redaksi Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM): Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jspm@unimal.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License