PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGURANGI PERILAKU MENYIMPANG SISWA DI SMA NEGERI 2 LHOKSEUMAWE
Abstract
This study focuses on two discussions. First, to describe the application of character education at SMA Negeri 2 Lhokseumawe. Second, to describe the obstacles in the application of character education so that it is not effective in overcoming student deviant behavior. By using a qualitative approach, this study comes to an understanding that the implementation of character education in SMA Negeri 2 Lhokseumawe is carried out through several strategies, including: a). providing outreach to teachers; b). preparation of syllabus and lesson plans based on character education; c). integrating and applying values in the teaching and learning process in the classroom; d) creating a school culture; e) habituation; and f) teacher exemplary. The implementation of character education in order to reduce students' deviant behavior has not been optimal because it faces a number of obstacles, such as a) minimal family contribution; b) inconsistency of values and norms at school and outside school; and c) teachers' difficulties in adapting to curriculum changes. In addition, the definition of deviant behavior and social dysfunction has so far only relied on "blaming deviant individual behavior", but ignores problems at the school structure level that can lead students to deviant behavior and anomie states.
ABSTRAK
Studi ini berfokus pada dua hal. Pertama melihat penerapan pendidikan karakter di SMA Negeri 2 Lhokseumawe. Kedua, menggambarkan hambatan dalam penerapan pendidikan karakter sehingga tidak efektif dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, studi ini sampai pada pemahaman bahwa penerapan pendidikan karakter di SMA Negeri 2 Lhokseumawe dilakukan melalui beberapa strategi, diantaranya: a). pemberian sosialisasi kepada guru; b). penyusunan Silabus dan RPP yang berbasis pendidikan karakter; c). pengintegrasian dan penerapan nilai-nilai dalam proses belajar mengajar di kelas; d) penciptaan budaya sekolah; e) pembiasaan; dan f) keteladanan guru. Penerapan pendidikan karakter dalam rangka mengurangi perilaku menyimpang siswa belum berjalan optimal karena menghadapi sejumlah kendala, seperti a) minimnya kontribusi keluarga; b) inkonsistensi nilai dan norma di sekolah dan di luar sekolah; dan c) kesulitan guru beradaptasi dengan perubahan kurikulum. Selain itu, pendefinisian perilaku menyimpang dan disfungsi sosial selama ini hanya bertumpu pada “menyalahkan perilaku individu yang menyimpang”, tetapi mengabaikan masalah pada level struktur sekolah yang dapat mendorong siswa ke arah perilaku menyimpang dan keadaan anomie.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aceh.tribunnews.com (15/02/2013). Pelajar Lhokseumawe Terlibat Pergaulan Bebas. Diakses 5 Februari 2020. https://aceh.tribunnews.com/2013/ 02/15/70-pelajar-lhokseumaweterlibat-pergaulan-bebas
Aceh.tribunnews.com (22/06/2016). Pemuda Tawuran di Terminal 1 Luka. Diakses 5 Februari 2020. https://aceh.tribunnews.com/amp/2016/06/22/pemuda-tawuran-di-terminal-1-luka
Aceh.tribunnews.com (10/04/2019). Ini Jumlah HIV/AIDS yang Ditemukan di Lhokseumawe Pada Tahun Ini. Diakses 5 Februari 2020. https://aceh.tribunnews.com/2019/04/10/inijumlah-kasus-hivaids-yang-ditemukan-di-lhokseumawe-pada-tahun-ini
Acehportal.com (28/04/2020). Ratusan Remaja Balap Liar di Jalan Len Pipa Aceh Utara Ditangkap Polisi. Diakses 30 April 2020. https://www.acehportal.com/2020/04/28/ratusan-remaja-balap-liar-di-jalan-len-pipaaceh-utara-ditangkap-polisi/
Bahri, S. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. Ta’allum, 3(1), 57-76.
Citra, Y. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. E-JUPEKhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 237-249.
Erianjoni (2015). Pelabelan Orang Minangkabau pada Pelaku Penyimpangan Sosial: Studi Kasus pada Dua Nagari di Sumatera Barat. Humanus, 14(1), 31-39.
Harianrakyataceh.com (02/09/2016). LGBT Mulai Marak di Lhokseumawe. Diakses 4 Maret 2020. https://harianrakyataceh.com/2016/09/02/lgbt-mulai-marak-di-lhokseumawe/
Hendriana, E. C. & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 1(2), 25-29.
Henslin, J. M. (2017). Sociology: A Down-to-Earth Approach. Pearson Education.
Herabudin (2015). Pengantar Sosiologi. Pustaka Setia.
Kanalaceh.com (17/11/2017). Terlibat Narkoba 4 Remaja Lhokseumawe Dibekuk. Diakses 4 Maret 2020. https://www.kanalaceh.com/2017/ 11/17/terlibat-narkoba-4-remajalhokseumawe-dibekuk/
Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter.
Badan Litbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendiknas.
Juwita, R, et. al. (2020). Meta Analisis: Perkembangan Teori Struktural Fungsional dalam Sosiologi Pendidikan. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 3(1), 1-8.
Maunah, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 90-101.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, L. (2009). Kajian Kritis dan Analitis terhadap Dimensi Teori-Teori Kriminologi dalam Perspektif Ilmu Pengetahuan Hukum Pidana Modern. Jurnal Hukum, 5(6), 1-29.
Narwoko, J. D. & Suyanto, B. (2007). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Kencana.
Risdawati (2014). Upaya Bimbingan Konseling Islam dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang. Hikmah, 8(2), 74-87.
Ritzer, G. & Goodman, D. J. (2011). Teori Sosiologi: Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Kreasi Wacana.
Salmiah (2017). Peran Sekolah sebagai Agen Sosialisasi dalam Pembentukan Moral Siswa di MAN 3 Makassar. Jurnal Sosialisasi, 4(1), 98-103
DOI: https://doi.org/10.29103/jspm.v1i1.3020
Article Metrics
Abstract Views : 735 timesPDF Downloaded : 52 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 A Marliah, M Nazaruddin, M Akmal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
Redaksi Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM): Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jspm@unimal.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License