LEMBAGA TAHFIDZ AL-QURÁN DAN LIFE SKILL SANTRI: KAJIAN SOSIOLOGIS TENTANG ANTUSIASME MASYARAKAT BONE, SULAWESI SELATAN
Abstract
This paper will show three phenomenal social dimensions in Bone society in realizing life skills through the Al-Qur'an tahfidz institution: community enthusiasm shown through the infrastructural dimension, community enthusiasm through the structural extent, and community enthusiasm through the socio-cultural dimension. The approach used is the approach of sociology and phenomenology. They are using primary data collected through observation, interviews, and documentation. The study results show that the people of Bone have great enthusiasm for realizing the life skills of students who memorize the Al-Qur'an, as evidenced by the increasing infrastructure, structural support from the regional government of Bone Regency, and social support from the community. In the sociological context, the phenomenon of enthusiasm from the people of Bone, on the one hand, shows the existence of public trust and expectations for educational institutions based on the Al-Qur'an in realizing the life skills of the younger generation. On the other hand, it also shows that Al-Qur'an tahfidz educational institutions are expected to become agents of change in community development in South Sulawesi, especially in Bone, and can read the opportunities and challenges of society during the current era of globalization, which must get support from all levels of the organization.
Tulisan ini akan menunjukkan tiga dimensi sosial yang fenomenal dalam masyarakat Bone dalam mewujudkan life skills melalui lembaga tahfidz Al-Qur’an, yaitu; antusiasme masyarakat yang ditunjukkan melalui dimensi infrastruktural, antusiasme masyarakat melalui dimensi struktural dan antusiasme masyarakat melalui dimensi sosial kultural. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi dan fenomenologi. Menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Bone memiliki semangat besar dalam mewujudkan kecakapan hidup santri penghafal Al-Qur’an yang dibuktikan dengan semakin bertambahnya jumlah infrastruktur, dukungan struktural dari pemerintah daerah Kabupaten Bone, serta dukungan sosial masyarakat. Dalam konteks sosiologi, dengan adanya fenomena antusiasme masyarakat Bone, pada satu sisi menunjukkan adanya kepercayaan dan harapan masyarakat terhadap lembaga pendidikan yang berbasis Al-Qur’an dalam mewujudkan kecakapan hidup generasi muda. Pada sisi lain juga menunjukkan bahwa lembaga pendidikan tahfidz Al-Qur’an diharapkan menjadi agent of change dalam pembangunan masyarakat di Sulawesi Selatan, khususnya di Bone dan mampu membaca peluang dan tantangan masyarakat di tengah arus era globalisasi yang harus mendapatkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Referensi
Abdulrahman, B. (2021). PENGEMBANGAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DI USIA REMAJA MELALUI PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA SEKOLAH. Universitas Pendidikan Indonesia.
Agama, K. (2020). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 91 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Al-Qur’an.
Agung Sasongko. (2021). Jumlah Penghafal Alquran Terus Bertambah. REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta.
Al Hafiz, M. M., Yusof, M. F., Ghazali, M. A., & Sawari, S. S. M. (2016). Descriptive qualitative teaching method of memorization in the institution of Tahfiz al-Quran wal Qiraat Pulai Condong and the students’ level of academic excellence. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(1 S1), 79.
Amalia, E. (2022). Program Pembinaan Tahfizh Qur’an Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam Untuk Mengembangkan Minat Menghafal Al-Qur’an Siswa Di SMPN 5 Kota Serang. UIN SMH BANTEN.
Arifin, B., & Setiawati, S. (2021). Gambaran Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Quran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4886–4894.
Ashroriyah, I. A. (2022). Wawancara, Pengelola Lembaga Tahfidz.
Brader, T., & Marcus, G. E. (2013). Emotion and political psychology.
Creswell, J. W., Hanson, W. E., Clark Plano, V. L., & Morales, A. (2007). Qualitative research designs: Selection and implementation. The Counseling Psychologist, 35(2), 236–264.
Hasni, Y. (2010). Jumlah Penghafal Alquran Indonesia Terbanyak di Dunia. Republika.Co.Id.
Hidayah, N. (2016). Strategi pembelajaran tahfidz al-qur’an di lembaga pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63–81.
Islam, S. P. (2021). Semangat Masyarakat Untuk Membuat Rumah Tahfidz. Kementerian Agama Republik Indonesia Kantor Kabupaten Gianyar.
Juhji, J., & Rachman, M. S. (2015). Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Bagi Remaja Kurang Mampu. Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 1(2), 169–180.
Kaligis, F., Wiguna, T., & Widyawati, I. (2009). Efektivitas Pelatihan Kecakapan Hidup terhadap Citra Diri Remaja. Majalah Kedokteran Indonesia, 59(3), 100–106.
Latifah, A., Nurasih, W., Rasidin, M., & Witro, D. (2021). Pembelajaran tahfidz dengan metode talaqqi via aplikasi zoom dan whatsapp (Studi kasus setoran online rumah tahfidz SMP Ma’arif NU 1 Wanareja). Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–12.
Manullang, S. O., Mardani, M., & Aslan, A. (2021). The Effectiveness of Al-Quran Memorization Methods for Millennials Santri During Covid-19 in Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 195–207.
Mardianty. (2022). Wawancara, Penghafal Al-Qur’an.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Moustakas, C. (1994). Phenomenological research methods. Sage publications.
Mughni, A. R. A., Suhardini, A. D., & Afrianti, N. (2022). the Analisis Manajemen Program Kafana di Rumah Tahfidz Khoiru Ummah. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(1), 147–155.
Muhammad, J. (2022). Hafiz di Bone Meriahkan HUT Kemerdekaan RI dengan Simaan Al-Qur’an 30 Juz. Sindonews.Com. https://daerah.sindonews.com/read/858519/713/hafiz-di-bone-meriahkan-hut-kemerdekaan-ri-dengan-simaan-al-quran-30-juz-1660712926
Nelson-Jones, R. (2013). Practical counselling and helping skills: text and activities for the lifeskills counselling model. Practical Counselling and Helping Skills, 1–528.
Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi sebagai kecakapan hidup abad 21 pada mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40.
Nurzannah, N., & Estiawani, P. (2021). Implementasi Metode Tikrar Pada Program Tahfidzul Qur’an. Ar-Rasyid: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45–53.
Nuzula, S. F., Maskuri, M., & Santoso, K. (2021). Efektivitas Metode Tabarak Dalam Menghafal Surat An-Naba Anak Usia 3 Tahun Di Rumah Tahfidz Balita Dan Anak Kota Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 139–146.
Pierce, J. J. (2021). Emotions and the policy process: enthusiasm, anger and fear. Policy & Politics, 49(4), 595–614.
Priatna, T., Nurhamzah, N., Suryana, Y., & Nurdiansah, N. (2020). Developing management of Quran memorization institutions through the web system. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, 9(1), 465–468.
Rachma, F. (2020). Jumlah Penghafal Al Qur’an di Indonesia Terus Bertambah. BERITAMAGELANG.ID.
Rama, H. (n.d.). Dukung Pembangunan Rumah Tahfidz, Ade Yasin Ingin Cetak 1.000 Hafidz Alquran. WARTAKOTALIVE.COM, CIBUNGBULANG Artikel Ini Telah Tayang Di WartaKotalive.Com Dengan Judul Dukung Pembangunan Rumah Tahfidz, Ade Yasin Ingin Cetak 1.000 Hafidz Alquran Di Kabupaten Bogor, Https://Wartakota.Tribunnews.Com/2021/06/10/Dukung-Pembangunan-Ruma.
Rossidah, A., Hidayah, A. K., Fernandez, S., & Sonita, A. (2021). Pengembangan Aplikasi Monitoring Hasil Belajar Santri Berbasis Android (Study Kasus Rumah Tahfidz Bakti Ilaahi Bengkulu). Journal Innovation Informatics (JII), 1(1), 10–15.
Samuel, D. (2015). Antusiasme guru dalam program pengembangan kompetensi pedagogik dan determinannya. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1(1).
Setiawan, A., & Rasyidi, A. (2020). Contribution of Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an in Responding to the Digital Era in South Borneo. Borneo International Journal of Islamic Studies, 2, 155–175.
Shawmi, A. N. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) dalam Pembelajaran Sains di SD/MI. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 240–252.
Sofyan, M. (2015). The development of tahfiz qur’an movement in the reform era in indonesia. Heritage of Nusantara: International Journal of Religious Literature and Heritage, 4(1), 115–136.
Supriatna, M. (2007). Pengembangan kecakapan hidup di sekolah. Diakses Dari: Http://File. Upi. Edu.
Susianti, C. (2017). Efektivitas metode talaqqi dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-qur’an anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 1–19.
Viegas, C., & Alikhani, M. (2021). Entheos: A Multimodal Dataset for Studying Enthusiasm. Findings of the Association for Computational Linguistics: ACL-IJCNLP 2021, 2047–2060.
Wasi, I. (2023). 693 Penghafal Al- Qur’an Simaan Akbar Serentak di HJB Bone. Fajar. https://harian.fajar.co.id/2023/05/04/693-penghafal-al-quran-simaan-akbar-serentak-di-hjb-bone/
Wenström, S., Uusiautti, S., & Määttä, K. (2018). “ The force that keeps you going”: Enthusiasm in vocational education and training (VET) teachers’ work. International Journal for Research in Vocational Education and Training (IJRVET), 5(4), 244–263.
Winona. (2022). Wawancara, Penghafal Al-Qur’an.
DOI: https://doi.org/10.29103/jspm.v4i1.11584
Article Metrics
Abstract Views : 256 timesPDF Downloaded : 23 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ruslan Sangaji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
Redaksi Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM): Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jspm@unimal.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License