INTEGRASI TRADISI DAN PENAFSIRAN AL-QURAN SERTA PERUBAHAN HUKUM: KAJIAN SOSIOLOGI HUKUM
Abstract
The purpose of this paper is to explain the postulates of the influence of traditions on the interpretation of legal verses of the Qur’an. Here, the relationship between the text of the Qur’an and interpretation is explained; explains the character of the Qur'an as a proposition and the area of interpretation of the scholars in it, including the position of the Sunnah (Traditions) itself as an interpretation. After that, an example of the influence of traditions in the interpretation of the Qur’an which influences the development of law/fiqh is shown to show how the interpretation of the ulamas produce fiqh development due to changes in traditions, across time and geography. This study uses a qualitative method while the analysis tool is the sociological theory of law. This study concludes that the influence of traditions on the interpretation of legal verses of the Qur’an is very real because the position of the Qur’an itself is a guide for humans that must be derived from special and different sociological realities. In the interpretation of the Sunnah or legal Hadith, which is the Companions' reportage of the Prophet Muhammad, the influence of tradition is even stronger because the Sunnah itself is partly a recording of the 7th century AD Arab tradition. As a result, the results of interpretation must vary and form laws that have different characteristics between traditions. In a sociological context, law cannot be separated from local values that developed in society
Tulisan ini bertujuan menelusuri postulat pengaruh tradisi pada penafsiran ayat-ayat hukum. Di sini dijelaskan hubungan teks al-Quran dengan penafsiran; menjelaskan karakter al-Qur'an sebagai dalil dan wilayah penafsiran ulama di dalamnya, termasuk posisi Sunah (Traditions) sendiri sebagai tafsir. Setelah itu ditunjukkan contoh pengaruh tradisi dalam penafsiran al-Quran yang berpengaruh pada perkembangan hukum/fikih untuk menunjukkan bagaimana penafsiran ulama dalam melahirkan fikih berkembang karena terjadinya perubahan tradisi, lintas waktu dan geografis. Kajian ini menggunakan metode kualitatif sedangkan alat analisisnya adalah teori sosiologi hukum. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengaruh tradisi pada penafsiran ayat-ayat hukum dalam al-Quran sangat nyata karena posisi al-Quran sendiri merupakan petunjuk bagi manusia yang pasti diturunkan realitas sosiologis khusus dan berbeda satu sama lain. Pada penafsiran Sunah atau Hadis hukum, yang merupakan reportase Sahabat atas Nabi Muhammad, pengaruh tradisi lebih kuat lagi karena Sunah itu sendiri sebagiannya merupakan rekaman dari tradisi Arab abad ke-7 Masehi. Akibatnya, hasil tafsir pasti beragam dan membentuk hukum-hukum yang memiliki ciri khas yang berbeda antartradisi. Dalam konteks sosiologis, hukum tidak dapat dipisahkan dengan nilai-nilai lokal yang berkembang dalam masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
`Arabi, I. (n.d.). Aḥkām al-Qur’ān. Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
`Awdh, M. S. (n.d.). Aṡr al-’Urf fī al-Tasyrī’ al-Islāmī. Dār al-Kitāb al-Jāmi’ī.
Al-Ghazali, M. (1991). Studi Kritis atas Hadis Nabi saw. Antara Pemahaman Tekstual dan Kontekstual. Mizan.
Al-Jawziyyah, I. Q. (n.d.). , I`lām al-Muwaqqi`in `an Rabb al-`ālamin (III). Dar al-Fikr.
Al-Jaziri, A. R. (1969). Kitāb al-Fiqh ’alā Mażāhib al-Arba’ah (IV). Al-Maktabah al-Tijāniyyat al-Kubrā.
al-Khafīf, ʻAlī. (1957). Muḥāḍarah fī Asbāb Ikhtilāf al-Fuqaha’.
al-Muṭallib, R. F. ʻAbd. (1981). Tawthīq al-Sunnah fi Qarn al-Thani al-Hijr. Maktabah al-Khaniji.
al-Ṣābūnī, M. ʻAlī. (1977). Rawā’iʻ al-Bayān fī Tafsīr Ᾱyāt al-Aḥkām min al-Qur’ān. Maktabah al-Ghazzālī.
al-Sayis, A. (1953). Tafsīr Ᾱyāt al-Aḥkām. Maṭbaʻah Muḥammad ʻAlī Syubayʻ wa Awlādih.
al-Suyūṭī, J. al-D. (2016). Lubāb al-Nuqūl fī Asbāb al-Nuzūl. Dār al-Kitāb al-‘Arabī.
al-Zarkasyī. (1958). al-Burhān fī ‘Ulūm al-Qur’ān (Juz IV, I). ʻIsā al-Bābī al-Ḥalabī wa Syurakāhu.
al-Zarkasyī. (2001). Aisyah Mengoreksi Para Sahabat. Pustaka Azzam.
Ali, A. (1981). A Short History of The Saracens (III). Nusrat Ali Nasri for Kitab Bhavan.
Amin, M. N. (2020). Dari Asimilasi ke Toleransi : Potret Interaksi Sosial antara Umat Budha dan Islam di Kelurahan Sago. 12(2).
Ash Shiddieqy, H. (n.d.). Syariat Islam adalah Syariat Dunia dan Kemanusiaan. Ramadhani.
Ash Shiddieqy, H. (1963). Pengantar Hukum Islam (III). Bulan Bintang.
Ash Shiddieqy, H. (1975). Falsafah Hukum Islam (I). Bulan Bintang.
Asni. (2017). KEARIFAN LOKAL DAN HUKUM ISLAM DI INDONESIA. 10(2), 54–69.
Coulson, N. J. (1994). Hukum Islam dalam Perpsektif Sejarah. P3M.
Dahlan, M. (2009). Abdullah Ahmed an-Naʻim Epistemologi Hukum Islam. Pustaka Pelajar.
Ernawati, & Baharuddin, E. (2017). AKULTURASI SISTEM KEWARISAN : PENYELESAIAN SENGKETA PUSAKA TINGGI DI MINANGKABAU. Lex Jurnalica, 14(3).
Fanani, M. (2010). Fiqh Madani Konstruksi Hukum Islam di Dunia Modern. LKIS.
Hallaq, W. (2000). Sejarah Teori Hukum Islam Pengantar untuk Usul Fiqh Mazhab Sunni. RajaGrafindo Persada.
Harahap, S. M. (2016). AKOMODASI HUKUM ISLAM TERHADAP KEBUDAYAAN LOKAL (Studi terhadap Masyarakat Muslim Padangsidimpuan). Istinbáth Jurnal of Islamic Law/Jurnal Hukum Islam, 15(2), 320–334.
Haris, M., Timur, S., & Sorong, K. (1994). Usul fikih dan upaya reorientasi fikih indonesia. 19–28.
Hasan, A. (1994). Pintu Ijtihad sebelum Tertutup. Pustaka.
Hisham, I. (n.d.). al-Sīrah al-Nabawiyyah (I. al-A. dan ʻAbd al-H. S. Muṣtafā al-Saqā (ed.)).
Ikhwanuddin, M. (2015). Hukum Islam dan Budaya Lokal Telaah Unsur Lokalitas dalam Pembentukan Hukum Islam. Al Ibrah, 11(2).
Iqbal, M. (1982). The Reconstruction of Religious Thought in Islam. Muhammad Asyraf.
Junaedi, M. (1994). FIKIH INDONESIA: EPISTEMOLOGI SOSIO-KULTURAL. 9(2), 38–59.
Kamali, M. H. (1995). Principles of Islamic Jurisprudence (II). Pelanduk Publication.
Kathīr, I. (n.d.). Tafsīr al-Qur’ān al-‘AẓīmNo Title (I). Mu’assah Qurṭūbah.
Kurniansyah, A. A. (2019). ISTRI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA PERSPEKTIF URF DAN AKULTURASI BUDAYA REDFIELD. 14(1), 34–51.
Ma’arif, T. (2015). Fiqih Indonesia menurut Pemikiran Hasbi Ash-Shiddiqi, Hazairin dan Munawir Syadzali. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 8(2), 27–56.
Mahmasani, S. (1981). Filsafat Hukum dalam Islam (II). Al Ma`arif.
Masykhur, A. (2020). Titik Singgung Hukum Islam dengan Hukum Adat pada Naskah Perundang-Undangan Kerajaan Islam di Nusantara. Al-Manāhij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 14(2), 295–306.
Mubarok, A. A., & Rustam, D. G. (2019). ISLAM NUSANTARA: MODERASI ISLAM DI INDONESIA. Journal of Islamic Studies and Humanities, 3(2), 153–168. https://doi.org/10.21580/jish.32.3160
Mustaqim, A. (2008). Pergeseran Epistemologi Tafsir. Pustaka Pelajar.
Pauls, E. P. (2022). assimilation-society. Britannica.Com. https://www.britannica.com/topic/assimilation-society
Qomar, M. (2015). Ragam Identitas Islam Di Indonesia Dari Perspektif Kawasan. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 10(2). https://doi.org/10.21274/epis.2015.10.2.317-352
Rahman, F. (1983). Membuka Pintu Ijtihad. Pustaka.
Rahmat, A. (2020). Rekognisi dan Reposisi dalam Asimilasi Hukum Lama di Nagari ( Baru ) Sumatera Barat. https://doi.org/10.36256/ijrs.v2i2.106
Rambe, M. S. (2014). PROSES AKOMODASI HUKUM ISLAM KE DALAM HUKUM PIDANA NASIONAL. 95.
Rasyīd Riḍā. (1947). Tafsīr al-Qur’ān al-Ḥakīm. Dār al-Manār.
Sa`dan, M. (2016). TRADISI PERKAWINAN MATRILOKAL MADURA (Akulturasi Adat & Hukum Islam). Ibda’ Jurnal Kebudayaan Islam, 14(1), 129–138.
Sagay, I. E. (2009). The Dawn of Legal Acculturation in Nigeria — A Significant Development in Law and National Integration. 1986, 179–189. https://doi.org/10.1017/S0021855300006550
Salenda, K. (2016). Hukum Islam Indonesia sebagai Role Model Islam Nusantara. 16(1), 229–245.
Setyobudi, T. (2020). Sintesa Hukum Islam dan Kebudayaan Jawa Suatu Pendekatan Profetik. 12(2).
Shihab, M. Q. (1992). Membumikan al-Qur’an. Mizan.
Sodiqin, A. (2008). Antropologi al-Qur’an: Model Dialektika Wahyu dan Budaya. Ar-Ruzz Media.
Sulong, J. bin. (n.d.). ASIMILASI HUKUM ISLAM DALAM AMALAN PERNIAGAAN MELAYU : KAJIAN KE ATAS BEBERAPA MANUSKRIP MELAYU LAMA. Jurnal Pengajian Melayu, 73–95.
Suparji. (2019). Eksistensi Hukum Islam dan Kearifan Lokal. AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 5(1), 21–28.
Sya`ban, Z. (1964). Uṣûl al-Fiqh al-Islāmī. Maṭba’ah Dār al-Ta`līf.
Syahrin, M. A. (2021). Difusi Norma Hukum dan Sosial dalam Intervensi Politik. 4(4).
Syahrur, M. (1982). al-Kitāb wa al-Qur’ān: Qira’ah Muʻāṣirah. al-Ahāli li al-Ṭibāʻah li al-Nasyr wa al-Tawzī.
Syahrur, M. (2004). Metodologi Fiqh Islam Kontemporer (II). Elsaq Press.
Syarifuddin, A. (1990). Pembaharuan Pemikiran dalam Hukum Islam (X). Angkasa Raya.
Taha, M. M. (n.d.). al-Risālah al-Thaniyah min al-Islām (IV).
Taha, M. M. (2003). Arus Balik Syariah. LKIS.
wikipedia.org. (2022a). Sunnah. Wikipedia the Free Encyclopedia. https://en.wikipedia.org/wiki/Sunnah#:~:text=In Islam%2C sunnah%2C also spelled,on to the next generations.
wikipedia.org. (2022b). Tradisi. Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/. https://id.wikipedia.org/wiki/
Zubair, A., Muljan, & Rosita. (2016). Integrasi hukum islam dan hukum adat dalam pewarisan masyarakat bugis bone. Ar Risalah Jurnal Hukum Keluarga Islam, II(1), 1–19.
DOI: https://doi.org/10.29103/jspm.v4i1.10843
Article Metrics
Abstract Views : 229 timesPDF Downloaded : 37 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ali Abubakar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
Redaksi Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM): Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jspm@unimal.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License