PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERUPA TES ONLINE BERBASIS ISPRING SUITE 9 PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MAN 3 ACEH UTARA

Cut Winni Mutia, Nuraina Nuraina, Hidayatsyah Hidayatsyah, Eri Saputra, Nurul Afni Sinaga

Abstract


Alat evaluasi yang digunakan di MAN 3 Aceh Utara masih menggunakan alat evaluasi secara konvensional yaitu menggunakan media kertas sehingga kegiatan evaluasi menjadi kurang praktis dan peserta didik merasa bosan karena alat evaluasi kurang menarik. Sekolah tersebut juga belum menerapkan aplikasi ispring suite 9 untuk pembuatan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan alat evaluasi berbasis ispring suite 9 yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari 2 ahli media, 2 ahli materi serta dari 6 peserta didik dan 27 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall 7 tahapan. Hasil rata-rata persentase penilaian yang diperoleh: (1) ahli media sebesar 82%, (2) ahli materi sebesar 92,5%, (3) 6 peserta didik sebesar 92,25%, dan (4) respon 27 peserta didik sebesar 84%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat evaluasi berupa tes online berbasis ispring suite 9 sangat layak dan sangat praktis digunakan sebagai alat evaluasi pada pembelajaran matematika.

 

Kata Kunci: Alat Evaluasi, Ispring Suite 9, Tes Online


Keywords


Alat Evaluasi; Ispring Suite 9; Tes Online

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asiana, N. A., Uchtiawati, S., & Suryanti, S. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Two Tier Multiple Choice Dengan Menggunakan Aplikasi Quiziz. DIDAKTIKA, 28(2): 109-121, (http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/3704)

Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Ciptapustaka Media.

Azizah, N., Hanifah, & Sumardi, H. (2021). Analisis Kualitas Dan Tingkat Kognitif Soal Matematika Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Kelas IX Di SMPN 10 Kota Bengkulu Tahun 2020/2021. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(2): 51–60, (https://doi.org/10.30596/jmes.v2i2.7936)

Basuki, I., & Hariyanto. (2017). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Cahyanti, A. D., Farida, F., & Rakhmawati, R. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Berupa Tes Online/Offline Matematika dengan Ispring Suite 8. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3): 363–371. (https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4362)

Mauliandri, R., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Kesesuaian Alat Evaluasi Dengan Indikator Pencapaian Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Pada RPP Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1): 803–811, (https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.436)

Ramadhani, D., Fatmawati, E., & Oktarika, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi dengan Menggunakan Ispring di SMA Wisuda Kota Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1): 24-33, (https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i1.1194)

Riinawati. (2021). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Banjarmasi: Thema Publishing.

Sakdiah, H., Lukman, I. R., & Muliani, M. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Ispring Suite dan Smart Apps sebagai Media Pembelajaran Digital Bagi Guru SD di Lhokseumawe Pada Era New Normal. Jurnal Vokasi, 6(2): 120-126, (https://doi.org/10.30811/vokasi.v6i2.3053)

Sakti, A. A. (2022). Pengembangan Media Evaluasi Menggunakan Aplikasi Ispring Suite 8.0 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Viii Smp Negeri 1 Tanete Riaja. (Skripsi). Universitas Negeri Makassar, Makassar, (http://eprints.unm.ac.id/23967/%0Ahttp://eprints.unm.ac.id/23967/1/AAN AMAR SAKTI.pdf)

Zainuri, A., Aquami, & AnNur, S. (2021). Evaluasi Pembelajaran (kajian teoritik). Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i1.13790

Article Metrics

 Abstract Views : 96 times
 PDF Downloaded : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cut Winni Mutia, Nuraina Nuraina, Hidayatsyah Hidayatsyah, Eri Saputra, Nurul Afni Sinaga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats