Penguatan Kapasitas Organisasi Kesiswaan: Strategi dan Implementasi

Nazaruddin Nazaruddin, Chalirafi Chalirafi, Ahmad Yani, Munandar Munandar, Aiyub Aiyub

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas organisasi kesiswaan di SMA Negeri 6 Lhokseumawe melalui serangkaian pelatihan dan pendampingan. Penguatan kapasitas organisasi kesiswaan menjadi penting dalam rangka membentuk siswa yang memiliki keterampilan kepemimpinan, manajerial, dan kerja sama tim yang baik. Metode yang digunakan dalam program ini meliputi pelatihan kepemimpinan, manajemen organisasi, serta kegiatan pendampingan intensif selama tiga bulan. Partisipan dalam kegiatan ini adalah pengurus dan anggota aktif organisasi kesiswaan di sekolah tersebut, dengan jumlah total 50 siswa. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan siswa terkait manajemen organisasi dan kepemimpinan. Partisipasi aktif siswa dalam kegiatan organisasi meningkat sebesar 30%, dan ada peningkatan rasa tanggung jawab serta solidaritas antaranggota. Program ini juga berhasil meningkatkan dukungan dari pihak sekolah terhadap kegiatan organisasi kesiswaan. Kesimpulannya, program penguatan kapasitas ini efektif dalam meningkatkan kemampuan dan kinerja organisasi kesiswaan, serta direkomendasikan untuk diterapkan di sekolah-sekolah lain dengan penyesuaian sesuai konteks masing-masing.

Keywords


Organisasi kesiswaan, Pengabdian Masyarakat, Pelatihan dan pendampingan, Kepemimpinan, Manajerial Kerja sama tim, Penguatan kapasitas

Full Text:

PDF

References


Abduh, M., Ab, F., & Lestari, I. (2022). Implementation of Online Teaching-Learning Policy at Senior High School During the Pandemic Covid-19 in Banda Aceh. 2nd International Conference on Social Science, Political Science, and Humanities (ICoSPOLHUM 2021), 227–231.

Joko, T. (2018). Implementasi manajemen organisasi siswa intra sekolah sebagai strategi dalam pengembangan kepemimpinan siswa smp negeri 2 sukadana. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 3(1), 71–86.

Kasi, R. (2023). Pembelajaran Aktif: Mendorong Partisipasi Siswa.

Kuncoro, S. (2021). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Rangka Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Di SMAIT Al Huda Wonogiri. IAIN Ponorogo.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Mustanir, A., Hamid, H., & Syarifuddin, R. N. (2019). Pemberdayaan kelompok masyarakat desa dalam perencanaan metode partisipatif. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(3), 227–239.

Nugroho, A. K., & Yasin, M. (2024). KONSEP MANAJEMEN KESISWAAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA DIGITAL. Al Wildan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 35–47.

Nyaga, B. N. (2018). The influence of students’ council leadership training on discipline management in secondary schools in Kirinyaga-East Sub-County Kenya.

Permana, A. W., & Karwanto, K. (2020). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 58–67.

Rahman, A. (2019). Pendekatan Partisipatif Dalam Pengembangan Komunitas. Modul Pengembangan Komunitas. Bogor: Program Prencanaan Dan Pengembangan Komunitas P4W. LPPM Institutue Pertanian Bogor.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Essentials of organizational behavior. pearson.

Serambi Indonesia. (2023). Lima Dosen FISIP Unimal Isi Pengabdian Masyarakat di SMAN 6 Lhokseumawe. https://aceh.tribunnews.com/2023/07/28/lima-dosen-fisip-unimal-isi-pengabdian-masyarakat-di-sman-6-lhokseumawe

Warisno, A. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Lulusan Pada Lembaga Penddikan Islam di Kabupaten Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpek.v3i1.17068

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2962-5823 (Online - Elektronik)

Stat Counter

Flag Counter