Penguatan Kapasitas Organisasi Kesiswaan: Strategi dan Implementasi
DOI:
https://doi.org/10.29103/jpek.v3i1.17068Keywords:
Organisasi kesiswaan, Pengabdian Masyarakat, Pelatihan dan pendampingan, Kepemimpinan, Manajerial Kerja sama tim, Penguatan kapasitasAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas organisasi kesiswaan di SMA Negeri 6 Lhokseumawe melalui serangkaian pelatihan dan pendampingan. Penguatan kapasitas organisasi kesiswaan menjadi penting dalam rangka membentuk siswa yang memiliki keterampilan kepemimpinan, manajerial, dan kerja sama tim yang baik. Metode yang digunakan dalam program ini meliputi pelatihan kepemimpinan, manajemen organisasi, serta kegiatan pendampingan intensif selama tiga bulan. Partisipan dalam kegiatan ini adalah pengurus dan anggota aktif organisasi kesiswaan di sekolah tersebut, dengan jumlah total 50 siswa. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan siswa terkait manajemen organisasi dan kepemimpinan. Partisipasi aktif siswa dalam kegiatan organisasi meningkat sebesar 30%, dan ada peningkatan rasa tanggung jawab serta solidaritas antaranggota. Program ini juga berhasil meningkatkan dukungan dari pihak sekolah terhadap kegiatan organisasi kesiswaan. Kesimpulannya, program penguatan kapasitas ini efektif dalam meningkatkan kemampuan dan kinerja organisasi kesiswaan, serta direkomendasikan untuk diterapkan di sekolah-sekolah lain dengan penyesuaian sesuai konteks masing-masing.References
Abduh, M., Ab, F., & Lestari, I. (2022). Implementation of Online Teaching-Learning Policy at Senior High School During the Pandemic Covid-19 in Banda Aceh. 2nd International Conference on Social Science, Political Science, and Humanities (ICoSPOLHUM 2021), 227-231.
Joko, T. (2018). Implementasi manajemen organisasi siswa intra sekolah sebagai strategi dalam pengembangan kepemimpinan siswa smp negeri 2 sukadana. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 3(1), 71-86.
Kasi, R. (2023). Pembelajaran Aktif: Mendorong Partisipasi Siswa.
Kuncoro, S. (2021). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Rangka Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Di SMAIT Al Huda Wonogiri. IAIN Ponorogo.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Mustanir, A., Hamid, H., & Syarifuddin, R. N. (2019). Pemberdayaan kelompok masyarakat desa dalam perencanaan metode partisipatif. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(3), 227-239.
Nugroho, A. K., & Yasin, M. (2024). KONSEP MANAJEMEN KESISWAAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA DIGITAL. Al Wildan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 35-47.
Nyaga, B. N. (2018). The influence of students council leadership training on discipline management in secondary schools in Kirinyaga-East Sub-County Kenya.
Permana, A. W., & Karwanto, K. (2020). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 58-67.
Rahman, A. (2019). Pendekatan Partisipatif Dalam Pengembangan Komunitas. Modul Pengembangan Komunitas. Bogor: Program Prencanaan Dan Pengembangan Komunitas P4W. LPPM Institutue Pertanian Bogor.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Essentials of organizational behavior. pearson.
Serambi Indonesia. (2023). Lima Dosen FISIP Unimal Isi Pengabdian Masyarakat di SMAN 6 Lhokseumawe. https://aceh.tribunnews.com/2023/07/28/lima-dosen-fisip-unimal-isi-pengabdian-masyarakat-di-sman-6-lhokseumawe
Warisno, A. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Lulusan Pada Lembaga Penddikan Islam di Kabupaten Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
All articles in this journal may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles, the author must declare the Jurnal Pengabdian Kreativitas (JPeK) as the first party to publish the article.