Benchmarking Penguatan Jaminan Mutu
Abstract
Pendidikan tinggi yang bermutu merupakan pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan yang mampu secara aktif mengembangkan potensinya dan menghasilkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara (UU RI No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, 2019). Penjaminan mutu dalam perguruan tinggi adalah proses perencanaan, pemenuhan, pengendalian, dan pengembangan standar pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga pemangku kepentingan (stakeholders) internal dan eksternal perguruan tinggi, yaitu mahasiswa, dosen, karyawan, masyarakat, dunia usaha, asosiasi profesi, pemerintah memperoleh kepuasan atas kinerja dan keluaran perguruan tinggi. Salah satu upaya penguatan jaminan mutu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh ialah melakukan patok banding atau yang dikenal dengan istilah Benchmarking. Kegiatan ini dilaksanakan salah satunya untuk mendukung Laporan Evaluasi Diri dan Laporan Kinerja Progrm Studi tentang Penjaminan Mutu. Hasil yang didapatkan dari kegiatan benchmarking ini diantara lain adalah memahami secara detail proses kegiatan dan tahapan yang dilakukan oleh pihak FEB UNILA demi mencapai akreditas unggul, menganalisis atau mempelajari proses yang dilakukan selama jangka waktu yang ditentukan, membandingkan proses perguruan tinggi dalam hal ini FEB UNILA dengan proses FEB UNIMAL, dan terakhir menerapkan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan dengan mencontoh atau mendekati proses berkinerja baik tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Kholida, Q. (2022). Benchmarking Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Benchmarking. Retrieved from finance.detik.com website: https://finance.detik.com/solusiukm/d-6321433/benchmarking-adalah-tujuan-dan-bagaimana-cara-melakukannya.
Republik Indonesia. UU RI No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Jakarta.
Ruswidiono, R. W. (2011). Peningkatan Mutu dan Benchmarking Perguruan Tinggi. Jakarta: STIE Trisakti.
Suluri. (2019). BENCHMARKING DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Unesa, 3, 83-88. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p82-88
DOI: https://doi.org/10.29103/jpes.v1i2.9226
Article Metrics
Abstract Views : 596 timesPDF Downloaded : 237 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN : 2962-5831 (Online - Elektronik)