Pembuatan Buket Sebagai Peluang Usaha Kreatif Bagi Remaja Di Desa Blang Bayu Kecamatan Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara

Agustinawati Agustinawati, Halida Bahri, Samsidar Samsidar, Muhammad Yusuf

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu masyarakat khususnya remaja agar termotivasi untuk memanfaatkan peluang berusaha unuk kegiatan yang bermanfaat dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Blang Bayu. pembuatan buket sebagai peluang bisnis kreatif bagi remaja dengan menggunakan bahan bahan seperti (gunting, lem, kater, pita, tusuk sate, kertas tisu, kertas samson, kertas cellophone, busa, uang/bunga, snack dan bahan lainnya) dipersiapkan oleh tim untuk dapat digunakan dalam pelatihan. Selain itu, remaja dan ibu rumah tangga di Desa Blang Bayu juga lebih termotivasi dalam menjalani aktivitas sehari-hari dalam berkraesi dan kreatif untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga. Kegiatan pelatihan ini menghasilkan beberapa produk hasil dari pengelolaan bunga, snack dan foto sebagai dasar pembuatan bucket.


Keywords


buket, peluang usaha,remaja,kreatif

Full Text:

PDF

References


Safitri, A., Masja, F., Agustinawati, A., Bahri, H., Samsidar, S., & Mardiaton, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Kerupuk Kulit Pisang (Banana Peel Crackers) Untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Bagi Masyarakat Gampong Meunasah Lhok Kec. Muara Batu Aceh Utara. Jurnal Pengabdian Ekonomi Dan Sosial (JPES), 2(1), 7-9.

Zailaton, Z., & Agustinawati, A. (2023). Pelatihan Wirausaha Perempuan Dalam Proses Pengolahan Ikan Menjadi Fried Meatballs Di Desa Cot Keumuneng Aceh Utara. Jurnal Pengabdian Ekonomi Dan Sosial (JPES), 2(2), 19-22.

Gunawan, M. S., Agustinawati, A., & Yusuf, M. (2023). Pembuatan Pupuk Organik Sebagai Peluang Usaha Masyarakat Desa Bangka Jaya. Jurnal Pengabdian Ekonomi Dan Sosial (JPES), 2(1), 10-15.

Yusuf, M. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Media Digital Sebagai Sarana Promosi Usaha Kerajinan Tangan Di Gampong Paya Punteuet Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe. Jurnal Pengabdian Ekonomi Dan Sosial (JPES), 2(2), 23-25.

Aisyah, S., Muntari, Z., Agustinawati, A., & Yusuf, M. (2023). Pelatihan Modernisasi Produksi Manisan Dari Olahan Air Nira Di Gampong Paloh Bate Kec. Muara Dua Kab. Aceh Utara. Jurnal Pengabdian Kreativitas (JPeK), 2(1), 14-18.

Syam, A. M. (2022, januari 1). Peluang Usaha Masa Kini, Buket Snack Usaha unik Kreatif.

Gusmania, Y., & Amelia, F. (2019). Pendampingan Pembuatan Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel Untuk Menunjang Perekonomian Keluarga Sebagai Usaha Kecil Menengah (UKM) Masyarakat Di Kelurahan Sei Langkai. Minda Baharu, 3(1), 59-65.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpes.v3i1.16074

Article Metrics

 Abstract Views : 56 times
 PDF Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2962-5831 (Online - Elektronik)